Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Restrukturisasi Kredit Perbankan di Jateng Rp60 Triliun

UMKM mendapatkan porsi restrukturisasi terbesar yaitu senilai Rp50,19 triliun atau 83,38 persen dari total restrukturisasi kredit di Jawa Tengah.
Ilustrasi./Bisnis-Abdullah Azzam
Ilustrasi./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, SEMARANG - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut berdasarkan data per tanggal 30 September 2020, restrukturisasi kredit perbankan di Jawa Tengah telah mencapai Rp60,20 triliun.

Kepala OJK Regional 3 Aman Santosa mengatakan, debitur yang telah mendapatkan restrukturisasi sebanyak 1,23 juta rekening, atau 6,85 persen dari total outstanding restrukturisasi kredit nasional dan 16,67 persen rekening dari keseluruhan rekening secara nasional.

"Dari jumlah itu, UMKM mendapatkan porsi restrukturisasi terbesar yaitu senilai Rp50,19 triliun atau 83,38 persen dari total restrukturisasi kredit di Jawa Tengah," katanya, Kamis (15/10/2020).

Menurutnya, jumlah tersebut merupakan pencapaian yang tinggi apabila dibandingkan daerah lainnya. Sedangkan restrukturisasi pada Perusahaan Pembiayaan per 30 September telah mencapai Rp14,41 triliun dengan debitur yang telah direstrukturisasi sebanyak 448.890 rekening.

Selain itu, OJK bersama Pemprov juga mendorong agar Industri Jasa Keuangan menjalankan program dan kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional yang telah dikeluarkan Pemerintah seperti pemberian subsidi bunga, penempatan uang negara pada Bank Umum dan Bank Pembangunan Daerah, serta program penjaminan kredit.

“Dukungan Perbankan dalam Pemulihan Ekonomi di Jawa Tengah ditunjukkan dengan ekspansi kredit sebesar 3,19 persen (yoy) pada Juli 2020, lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan kredit nasional yang tercatat sebesar 1,53 persen (yoy),” tuturnya.

Dukungan perbankan terhadap Pemulihan Ekonomi juga tercermin pada besaran restrukturisasi kredit yang telah dilakukan.

Sementara untuk program Penempatan Uang Negara di Bank Himbara dan Bank Jateng, per tanggal 30 September 2020, di Jawa Tengah telah dilakukan penyaluran dana sebesar Rp13,89 triliun naik sebesar 52,38% (mtm) kepada 266.011 debitur naik sebesar 38,62 persen (mtm) dengan dominasi ekspansi kredit pada sektor perdagangan besar eceran, industri pengolahan dan pertanian.

Sedangkan untuk program penjaminan pemerintah, di Jawa Tengah telah dilakukan Askrindo dan Jamkrindo dan telah disalurkan penjaminan sebesar Rp977,24 miliar untuk 2.106 debitur. Kemudian program pemberian subsidi bunga/margin, realisasi subsidi bunga di Jawa Tengah telah mencapai Rp387,58 miliar dengan total debitur sebanyak 1.664.955 debitur.

Untuk optimalisasi pelaksanaan program tersebut, OJK Regional 3 Jawa Tengah dan DIY bersama Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan secara kontinu melakukan bimbingan teknis kepada BPR dan BPRS di Jawa Tengah.

Aman Santosa berharap sinergi yang telah terjalin baik antara OJK dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Industri Jasa Keuangan dapat terus berlanjut pada program-program lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan geliat ekonomi dan UMKM di Jawa Tengah dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, Pemprov Jateng bersama OJK senantiasa bekerja sama dengan program yang menarik, sehingga persoalan keuangan, perbankan, bisa diterjemahkan dengan mudah, serta masyarakat bisa mengetahui dan memahami dengan mudah.

"Ada banyak yang kita coba bahas dengan OJK untuk memulihkan ekonomi, OJK memberikan masukan kepada kita bagaimana kondisi perbankan keuangan yang ada, bagaimana kredit itu tersalurkan, bagaimana KUR yang bisa diakses oleh UMKM bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Menurut Ganjar, OJK telah membantu dengan baik kondisi perekonomian di daerah di masa pandemi ini seperti melalui restrukturisasi kredit dan program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah sehingga diharapkan sektor UMKM dan usaha menengah bahkan usaha besar bisa bangkit kembali sehingga bisa menaikkan ekonomi di Jawa Tengah. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper