Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Semarang Sediakan Akses Penguatan Modal UMKM

Skema pinjaman ini sangat mudah dan murah. Dengan bunga di bawah 3 persen per tahunnya.
Muhammad Faisal Nur Ikhsan
Muhammad Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 19 November 2020  |  15:01 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop-UMKM) berkomitmen mendukung pelaku UMKM dalam menjalankan usaha melalui penyediaan akses permodalan.

Kepala Dinkop-UMKM Kota Semarang, FX Bambang Suranggono menjelaskan pada 2020 ini disediakan pembiayaan lewat program yang dinamakan Kredit Wibawa. Pelaku usaha dapat mengajukan pinjaman di bawah Rp5 juta tanpa angunan dan lebih dari Rp5 juta dengan angunan..

Menurutnya, skema pinjaman ini sangat mudah dan murah. Dengan bunga di bawah 3 persen per tahunnya. "Kredit Wibawa ini dapat digunakan untuk membiayai operasional UMKM di Kota Semarang," ujarnya, Kamis (19/11/2020).

Bambang juga mengungkapkan bahwa di tahun depan, Pemkot Semarang juga akan membantu pengurusan perizinan bagi pelaku UMKM.

“Kabar gembiranya, di 2021 kita menyediakan pendampingan bagi 700 UKM untuk berani mem-publish produknya. [Pendampingan ini dilakukan] dengan cara memberikan izin gratis bagi Nomor Induk Berusaha (NIB) dan yang paling keren Hak Kekayaan Intelektual (HAKI),” ungkapnya.

Pengurusan HAKI ini menurut Bambang akan meningkatkan kualitas pengemasan dari produk yang dijual. Khususnya produk makanan dan minuman.

“Salah satu karakteristik pelaku UMKM di Kota Semarang yang cukup besar biasanya mereka punya packing yang cukup sederhana,” jelasnya.

Hambatan ini coba dihadapi dengan memberikan pelatihan dan dukungan bagi pelaku UMKM di Kota Semarang. Nantinya, sebanyak 800 pelaku UMKM akan didampingi oleh 10 desainer branding dari Kota Semarang.

Untuk mendukung program ini, Bambang mengungkapkan bahwa Pemkot Semarang telah menganggarkan dana lebih dari Rp375 juta. “Pemerintah Kota Semarang menawarkan program pendampingan, silakan dimanfaatkan,” imbaunya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng semarang
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top