Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Terungkap Dugaan Sumber Api Kebakaran Indekos Berujung Tiga Meninggal di Kartasura

Sumber api diduga karena open flame. Ada ruang terbuka di lantai I kemudian terjadi kobaran api yang melalap rumah indekos.
R Bony Eko Wicaksono
R Bony Eko Wicaksono - Bisnis.com 26 Desember 2020  |  14:57 WIB
Rumah indekos di wilayah Gembongan, Kartasura, Sukoharjo, yang terbakar pada Jumat (25/12/2020) pagi. - JIBI/Ichsan Kholif Rahman
Rumah indekos di wilayah Gembongan, Kartasura, Sukoharjo, yang terbakar pada Jumat (25/12/2020) pagi. - JIBI/Ichsan Kholif Rahman

Bisnis.com, SUKOHARJO - Sumber api yang membakar rumah indekos di Gembongan RT 002/RW 004 Desa Singopuran, Kartasura diduga karena open flame atau nyala api terbuka. Sumber api diduga berasal dari lantai 1 rumah indekos.

Kebakaran rumah indekos berlantai II di Gembongan Kartasura itu mengakibatkan tiga orang meninggal dunia. Dua orang ditemukan meregang nyawa di lantai I. Sedangkan satu orang ditemukan meninggal dunia di lantai II.

Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polda Jawa Tengah langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi kejadian. Mereka melakukan penyelidikan untuk mengungkap sumber api kebakaran rumah indekos.

“Sumber api diduga karena open flame. Ada ruang terbuka di lantai I kemudian terjadi kobaran api yang melalap rumah indekos,” kata Kapolres Sukoharjo, AKBP Bambang Yugo Pamungkas, saat ditemui JIBI di Sukoharjo, Sabtu (26/12/2020).

Kapolres menyebut kuat dugaan pemantik sumber api berasal dari rokok. Terlebih, lantai I merupakan area parkir sepeda motor para penghuni rumah indekos. Bisa jadi, percikan bara rokok jatuh mengenai barang yang mudah terbakar di lantai I rumah indekos.

Kendati demikian, Kapolres bakal memastikan hasil penyelidikan tim Puslabfor Polda Jateng pada pekan depan.

“Hasil penyelidikan Puslabfor keluar sepekan lagi. Namun, dugaan awal sumber api berasal dari bara rokok penghuni indekos. Lebih jelasnya kami masih menunggu hasil penyelidikan Puslabfor,” ujar dia.

Kebakaran rumah indekos itu mengakibatkan kerugian material berupa enam unit sepeda motor yang menjadi barang bukti. Sepeda motor itu telah dibawa polisi ke Polsek Kartasura sesaat setelah kejadian.

Sementara penghuni rumah indekos Gembongan yang selamat masih menjalani perawatan medis di rumah sakit.

Disinggung mengenai hubungan asmara penghuni rumah indekos, Kapolres belum bisa memastikan. “Penyidik belum memeriksa para saksi karena kondisi mereka masih trauma dan lemas,” kata dia.

Diberitakan, peristiwa tragis kebakaran rumah indekos menghebohkan publik pada pagi hari Natal, Jumat (25/12/2020), di Gembongan RT 002/RW 004 Desa Singopuran, Kartasura, Sukoharjo.

Tiga penghuni indekos meninggal dunia akibat kejadian tersebut. Sementara delapan orang selamat yang terdiri atas empat anggota keluarga pemilik rumah indekos dan empat orang lainnya penghuni indekos campur laki-laki dan perempuan itu.

Selain tiga korban meninggal dan beberapa korban luka bakar, kebakaran rumah indekos di Gembongan, Kartasura, Sukoharjo, juga mengakibatkan beberapa kendaraan terbakar. Dua dari sepeda motor itu kondisinya tinggal kerangka karena hangus terbakar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng

Sumber : JIBI/Solopos

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top