Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ruang Isolasi RS Kota Solo Hampir Penuh

RS dr Oen Kandang Sapi Solo telah menggunakan jumlah maksimum bed ruang isolasi Covid-19.
Wahyu Prakoso
Wahyu Prakoso - Bisnis.com 19 Januari 2021  |  10:29 WIB
Ilustrasi. - Antara/Ari Bowo Sucipto
Ilustrasi. - Antara/Ari Bowo Sucipto

Bisnis.com, SOLO - Ruang isolasi bagi pasien Covid-19 di rumah sakit atau RS Kota Solo sudah hampir penuh. Di RS dr Oen Kandang Sapi, Jebres, Solo, bahkan saat ini sudah tidak tersedia bed kosong.

Manajemen RS dr Oen Kandang Sapi sampai membuat sekat pemisah antara pasien reguler dengan pasien terduga Covid-19 pada Instalasi Gawat Darurat (IGD) sejak Jumat (15/1/2021).

Direktur Utama RS dr Oen Kandang Sapi Solo, William Tanoyo, menjelaskan kondisi ruang atau tempat tidur untuk pasien Covid-19 penuh pada Januari 2021. RS dr Oen Kandang Sapi memiliki 55 ruang untuk isolasi dan tujuh tempat tidur ICU untuk pasien positif Covid-19.

“Saya rasa semua RS Kota Solo rata-rata penuh. Ini ada penambahan ruang dari RSUP Kota Solo. Sambil menunggu katanya TNI membangun rumah sakit di Vastenburg,” katanya kepada Solopos.com melalui sambungan telepon, Senin (18/1/2021).

Menurut William, RS dr Oen Kandang Sapi Solo telah menggunakan jumlah maksimum bed ruang isolasi Covid-19. Manajemen bisa menambah kapasitas ruang perawatan untuk pasien Covid-19 dengan melihat situasi dan kondisi.

Untuk menambah kapasitas, RS tersebut juga harus memperhitungkan bagian gedung serta sumber daya manusia (SDM), dalam hal ini tenaga kesehatan yang memadai.

William mengatakan RS dr Oen Kandang Sapi Solo memisahkan ruang untuk pasien reguler dan pasien terduga Covid-19 di IGD. Ada 15 bed di IGD untuk pasien terduga Covid-19.

“Kami untuk IGD melakukan pemisahan. Ruang isolasi kami penuh dan kami berkoordinasi dengan RS lain. Pasien atau keluarga yang tidak mau dirujuk, mau enggak mau harus menungu ruang di IGD. Rata-rata ada lima pasien yang menunggu,” ungkapnya.

Melihat kondisi ruang isolasi pasien Covid-19 RS Kota Solo yang rata-rata penuh, William mengimbau masyarakat berdisiplin menerapkan protokol kesehatan. Warga harus tetap memakai masker meski program vaksinasi sudah berjalan.

“Masker ini efektif untuk mencegah penularan dalam kehidupan sehari-hari. Dua orang ketemu ngomong pakai masker sedikit risikonya. Kalau salah satu copot masker frekuensi risiko naik,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Solo, Minggu (17/1/2021), dari total 888 bed ruang isolasi pasien Covid-19 di 19 RS Kota Solo, sebanyak 775 tempat tidur telah terpakai. Artinya tinggal 113 tempat tidur yang kosong.

Pada sisi lain, Korem 074 Warastratama Surakarta tengah menyiapkan rumah sakit lapangan untuk menampung pasien Covid-19 di Benteng Vastenburg.

RS lapangan ini rencananya bakal menampung pasien Covid-19 mulai dari yang tidak bergejala sampai bergejala baik ringan, sedang, maupun berat. Hingga kini belum ada informasi kapan pastinya RS lapangan itu akan siap menerima pasien.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng Solo

Sumber : JIBI/Solopos

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top