Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendaftaran Penerimaan Abdi Dalem Keraton Yogyakarta, Didominasi Anak Muda

Pendaftaran penerimaan abdi dalem yang digelar secara terbuka oleh Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhomardowo Keraton Yogyakarta didominasi anak muda.
Abdi dalem menyelesaikan pembuatan gunungan di Bangsal Magangan, kompleks Keraton Ngayogyakarta, Jogja, Senin (19/11/2018)./Bisnis-Desi Suryanto
Abdi dalem menyelesaikan pembuatan gunungan di Bangsal Magangan, kompleks Keraton Ngayogyakarta, Jogja, Senin (19/11/2018)./Bisnis-Desi Suryanto

Bisnis.com, JAKARTA - Pendaftaran penerimaan abdi dalem yang digelar secara terbuka oleh Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhomardowo Keraton Yogyakarta sampai 1 Maret 2021 sebagian besar diikuti oleh kalangan muda.

"Ada yang masih semester satu kuliah. Mungkin itu yang paling muda," kata Penghageng Kawedanan Hageng Punokawan Kridomardowo, Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Notonegoro kepada awak media di Komplek Keraton Yogyakarta, Kamis (4/3/2021).

Menurut Notonegoro, sebagai departemen yang mengurusi bidang seni pertunjukan di Keraton Yogyakarta, KHP Kridomardowo memang sedang membutuhkan tenaga baru berusia muda. Ini karena sebagian abdi dalem yang berusia tua serta memiliki penyakit penyerta telah diminta untuk tidak aktif terlebih dahulu.

"Untuk itu (abdi dalem) yang muda-muda yang sehat jumlahnya terbatas, tinggal seperempatnya. Ini yang membuat kami membutuhkan tenaga segera," kata dia.

Ada empat golongan abdi dalem yang dibuka pada penerimaan kali ini yakni wiyaga (penabuh gamelan), pasindhen (penembang untuk perempuan), lebdaswara (penembang untuk laki-laki), dan musikan (korps musik yang bertugas memainkan alat musik barat di Keraton Yogyakarta).

Selama pembukaan penerimaan yang digelar sejak tiga pekan yang lalu hingga ditutup per 1 Maret 2021 sebanyak 60 berkas pendaftar telah masuk.

"Sampai sekarang yang mendaftar 60. Diambil berapa nanti tergantung. Kalau 60 bagus semua kami punya tempat untuk menerima semuanya, tetapi kalau tidak bisa memenuhi persyaratan ya maaf kami tidak bisa menerima.

Seleksi penerimaan dilakukan dalam dua tahap. Pertama, dilaksanakan secara virtual dengan menyeleksi video yang dikirim peserta. Tahap ini sudah selesai dan tinggal menunggu keputusan panitia.

Untuk tahap kedua akan dilaksanakan penilaian secara langsung oleh tim dari KHP Kridhomardowo di Keraton Yogyakarta.

Ketua Panitia Penerimaan Abdi Dalem Kridhomardowo MB. Brongtomadyo mengatakan dari 60 pendaftar yang berkas videonya telah diterima dan diseleksi, sebagian besar berusia 20 tahun sampai 35 tahun.

Mereka terdiri atas 23 orang pendaftar untuk golongan Wiyaga, 10 orang pendaftar lebdaswara, 5 orang pendaftar pasindhen, dan 23 orang pendaftar abdi dalem musikan.

"Masih muda-muda mayoritas sekitar usia 20 tahunan," kata Brongtomadyo.

Meski demikian, ia mengakui jumlah pandaftar yang masuk masih jauh dari target yang dibutuhkan Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhomardowo yakni sebanyak 100 sampai 150 orang abdi dalem baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler