Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gelang Vaksinasi Bakal Permudah Identifikasi Wisatawan Yogyakarta

Pemerintah Kota Yogyakarta tengah menguji coba penggunaan gelang vaksinasi. Nantinya, gelang tersebut bakal disiapkan di fasilitas umum seperti hotel, stasiun, maupun terminal.
Ilustrasi - Wisatawan mengunjungi Pantai Kukup saat masa percobaan new normal, Gunungkidul, Minggu 28 Juni 2020./JIBI-Gigih M Hanafi
Ilustrasi - Wisatawan mengunjungi Pantai Kukup saat masa percobaan new normal, Gunungkidul, Minggu 28 Juni 2020./JIBI-Gigih M Hanafi

Bisnis.com, YOGYAKARTA – Setelah menetapkan kawasan wajib masker dan vaksin, Pemerintah Kota Yogyakarta kembali menyiapkan sejumlah langkah antisipasi sebelum pembukaan akses wisatawan luar daerah ke wilayah tersebut.

Nantinya, hanya mereka yang telah melakukan vaksinasi yang bisa melancong di Kota Yogyakarta. Untuk mempermudah identifikasi, Pemerintah Kota Yogyakarta bakal menyiapkan gelang vaksinasi bagi wisatawan.

Haryadi Suyuti, Wali Kota Yogyakarta, mengungkapkan bahwa nantinya gelang vaksinasi bakal disediakan di semua fasilitas umum di Kota Yogyakarta. Wisatawan bisa mendapatkan gelang tersebut di hotel, stasiun, serta terminal secara cuma-cuma.

“Penyediaan gelang secara gratis ini juga sebagai wujud dari deklarasi Kota Yogyakarta wajib vaksin dan masker. Gelang tersebut juga akan mempermudah proses identifikasi,” jelas Haryadi, seperti dikutip dari laman resmi Pemerintah Kota Yogyakarta, Senin (16/8/2021).

Haryadi mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Yogyakarta masih melakukan sejumlah uji coba terhadap gelang vaksinasi tersebut. Bahkan, Haryadi ikut mencoba gelang tersebut. “Ini sudah enam hari tanpa saya lepat. Buat mandi sampai aktivitas apapun, masih kuat, warnanya tidak luntur,” ungkapnya.

Terkait program vaksinasi di Kota Yogyakarta, Haryadi mengungkapkan bahwa pihaknya bakal terus melakukan percepatan. Di hari yang sama, Pemerintah Kota Yogyakarta membuka gerai vaksinasi di kantor PDAM Tirtamarta.

Gerai vaksinasi tersebut rencananya bakal dioperasikan hingga akhir pekan ini. Sementara itu, jenis vaksin Covid-19 yang digunakan adalah vaksin Sinovac buatan Bio Farma. “Target vaksinasi di gerai PDAM Tirtamarta ini adalah 1.000 peserta per hari dan akan digelar hingga hari Jumat (20/8/2021),” jelas Haryadi.

Haryadi menambahkan bahwa vaksinasi merupakan bentuk partisipasi yang dapat dilakukan untuk menekan laju penyebaran Covid-19. “Ini merupakan ikhtiar kita bersama, sekaligus mengakselerasi upaya agar pandemi ini cepat teratasi dan terselesaikan, ekonomi masyarakat kembali pulih dan bangkit, serta harapannya segala sesuatu akan kembali normal seperti semula,” jelasnya.

Sejumlah langkah telah disiapkan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk mengantisipasi rencana dibukanya aktivitas pariwisata di wilayah tersebut. Selain menguji coba gelang vaksinasi, Pemerintah Kota Yogyakarta juga telah menyiapkan One Gate System sebagai upaya pengawasan dan pemeriksaan bagi bus wisata yang masuk ke wilayah tersebut.

Nantinya, bus rombongan wisata diwajibkan untuk singgah di Terminal Giwangan. Di lokasi tersebut, akan dilakukan sejumlah pemeriksaan. Mulai dari keterangan bebas Covid-19 hingga surat vaksin.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Sumber : warta.jogjakota.go.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper