Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sri Mulyani Terima Bantuan Oxygen Concentrator dari Gibran

Bupati Klaten, Sri Mulyani, menerima bantuan tersebut dari Wali Kota Surakarta. Diharapkan, 100 unit oxygen concentrator tersebut dapat menunjang penanganan pasien Covid-19 di Kabupaten Klaten.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 18 Agustus 2021  |  16:07 WIB
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyerahkan bantuan berupa 100 unit oxygen concentrator kepada Bupati Klaten Sri Mulyani, Rabu (18/8/2021). - Istimewa - Humas Pemkab Klaten
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyerahkan bantuan berupa 100 unit oxygen concentrator kepada Bupati Klaten Sri Mulyani, Rabu (18/8/2021). - Istimewa - Humas Pemkab Klaten

Bisnis.com, KLATEN - Pemerintah Kabupaten Klaten menerima bantuan 100 unit oxygen concentrator dari Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. Bantuan tersebut diberikan untuk mendukung penanganan kasus Covid-19 di Kabupaten Klaten.

“Harapannya kota-kota se-Solo Raya dapat menekan angka kematian [pasien Covid-19]. Jadi kebutuhan oksigen harus terpenuhi,” jelas Gibran usai menyerahkan bantuan pada Rabu (18/8/2021).

Gibran juga menyebutkan bahwa bantuan tersebut merupakan salah satu langkah antisipasi antara Pemerintah Daerah se-Solo Raya apabila kasus Covid-19 mengalami lonjakan di kemudian hari.

“Kalau terjadi gelombang selanjutnya, kondisi daerah sudah siap. Oksigennya, tempat isoternya, di faskes juga siap. Kalau Klaten sehat, Solo juga sehat, begitu juga daerah lainnya di Solo Raya,” tambahnya.

Oxygen Concentrator merupakan perangkat pendukung bagi perawatan pasien Covid-19 yang membutuhkan oksigen. Jika pada udara bebas, kadar oksigen yang terkandung hanya 21 persen, dengan alat tersebut kebutuhan pasien bisa ditopang hingga 90 persen.

Bupati Klaten Sri Mulyani berterimakasih atas bantuan yang diberikan Wali Kota Surakarta tersebut. “Ini merupakan upaya terintegrasi. Antar pemerintah daerah harus bersinergi, saling support agar pandemi dapat segera tertangani keseluruhan,” jelas Sri seperti dikutip dari klatenkab.go.id.

Nantinya, bantuan oxygen concentrator yang telah diterima Pemerintah Kabupaten Klaten tersebut akan didistribusikan ke pusat isolasi pasien Covid-19 yang tersebar di beberapa wilayah. “Kami sangat berterimakasih dan mudah-mudahan dengan bantuan ini Klaten segera naik level dan segera terbebas dari Covid-19,” jelas Sri.

Selain Gibran, sebelumnya Menteri Koordinator Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, juga sempat memberikan sejumlah bantuan bagi Pemerintah Kabupaten Klaten. Bantuan tersebut diberikan untuk mendukung upaya penanganan kasus Covid-19 di wilayah Klaten.

Airlangga menyerahkan bantuan berupa 1 ton daging dan telur ayam sebagai tambahan lauk pauk di fasilitas isolasi terpusat tingkat Kabupaten Klaten. Dalam kesempatan tersebut, Airlangga mengatakan bahwa isolasi pasien Covid-19 sangat diperlukan untuk menekan laju penyebaran Covid-19.

“Ini yang perlu menjadi perhatian masyarakat, agar rantai penularan dapat diputus. Dan tidak menimbulkan penularan baru di dalam keluarga yang sedang melakukan isolasi mandiri,” jelas Airlangga selepas meninjau fasilitas isolasi terpusat Kabupaten Klaten di GOR Gelarsena, Sabtu (14/8/2021) pekan lalu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng Covid-19

Sumber : klatenkab.go.id

Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top