Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UNS Siap Buka Prodi S-1 Baru Bertaraf Internasional, Apa Itu?

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan membuka Program Studi (Prodi) baru bertaraf internasional bekerjasama dengan Xihua University, Tiongkok.
Penandatanganan kerjasama antara UNS dengan Xihua University/ Istimewa
Penandatanganan kerjasama antara UNS dengan Xihua University/ Istimewa

Bisnis.com, SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan membuka Program Studi (Prodi) baru bertaraf internasional, yaitu Prodi S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok.

Dalam pembukaan Prodi baru itu, UNS bekerjasama dengan Xihua University, Tiongkok.

Prodi tersebut rencananya akan berada di bawah pengelolaan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis, dan Informasi UNS Prof. Sajidan  mengatakan, pendirian Prodi S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok merupakan langkah serius UNS untuk membangun dan mengembangkan kerja sama internasional, pascapenetapan UNS sebagai PTNBH pada tahun 2020 lalu.

“Kerja sama ini dapat menyatukan bidang budaya dan sastra menjadi sarana yang mengumpulkan budaya Jawa dan Bashu dalam kajian bahasa Mandarin-Indonesia. Kami mengucapkan terima kasih yang tulus kepada para pimpinan dan Sivitas Akademika Xihua University dan PBM UNS dan harapan kami tentunya seperti harapan kita semua pendirian Prodi ini dapat berkontribusi lebih baik untuk seluruh lapisan masyarakat,” ujar Sajidan dalam rilis yang diterima Bisnis, Rabu (29/9/2021).

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Xihua University Prof. LIU Shugeng mengatakan, UNS sebagai mitra kerja sama telah mengimplementasikan poin kesepakatan dengan tulus dan jujur.

Hal itu dibuktikan dengan berbagai kegiatan yang telah digelar oleh Pusat Bahasa Mandarin (PBM) UNS selama ini.

PBM UNS, lanjut LIU, juga terbukti telah mengimplementasikan kegiatan pertukaran budaya Jawa-Bashu dan mencatatkan keikutsertaan ratusan peserta dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi.

“Dalam kurun waktu tiga tahun ini melalui kerja sama yang tulus dan jujur di antara dua perguruan tinggi melahirkan sebuah kerja sama yang baru menuju perjalanan yang semakin baik. Kami ingin mengungkapkan rasa terima kasih kepada pimpinan beserta jajarannya yang telah memberikan semua dukungan dan telah bekerja sungguh-sungguh,” ungkap LIU Shugeng.

Dengan ditandatanganinya MoU pembukaan Prodi S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok, LIU secara khusus mengharapkan agar Prodi baru ini dapat makin mempererat hubungan antara UNS-Xihua University.

LIU yakin apabila UNS akan mampu membuat Prodi S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok menjadi Prodi yang memiliki karakteristik dan mencapai keberhasilan.

“Semoga kedua universitas dapat terus mempererat kerja sama dan berjalan beriringan supaya mencapai kesuksesan lebih besar," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper