Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inovasi Mahasiswa UNS, Rintis Bimbel Berbasis Asesmen Psikologi

Menurut Rizal, asesmen psikologi sangat krusial dalam memahami kepribadian dan preferensi gaya belajar siswa.
Anak belajar di rumah
Anak belajar di rumah

Bisnis.com, SOLO -Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membuat terobosan program pembelajaran melalui Bimbingan Belajar (Bimbel) berbasis asesmen psikologi.

Bimbel yang diberi nama Bimbel Klaas! ini dirintis oleh Rizal Galih Pradana bersama Aldi Rosyid Rahmadi, Regina Lovey Taqiyyah, Angela Apriliana, dan Alivia Amadea Theodora.

Inovasi metode pembelajaran itu juga berhasil membawa mereka lolos menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 34 pada akhir Oktober mendatang di Universitas Sumatera Utara (USU).

“Bimbel Klaas! berupaya memaksimalkan proses belajar pada siswa melalui konsep personalisasi pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk belajar sesuai dengan preferensi gaya belajar dan kepribadian individual mereka. Konsep personalisasi pembelajaran tersebut diwujudkan dalam bentuk asesmen psikologi dan dual feedback system yang menjadi keunggulan utama dari bimbel ini,” jelas Rizal dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (6/10/2021).

Ia menambahkan bahwa asesmen psikologi sangat krusial dalam memahami kepribadian dan preferensi gaya belajar siswa.

Dalam hal ini, mereka bekerja sama dengan psikolog tersertifikasi untuk pelaksanaan tes dan perencanaan kelas agar hasil yang diberikan akurat dan aplikatif bagi siswa.

Tidak hanya itu, dual feedback system juga menjadi kunci evaluasi pembelajaran.

“Evaluasi dilakukan secara rutin setiap bulannya dan tidak hanya melibatkan tentor melainkan juga melibatkan psikolog, siswa, dan juga orang tua. Hasil evaluasi di tiap bulannya akan menjadi bahan pertimbangan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ke depannya,” imbuhnya.

Bimble ini, kata Rizal, telah diujicobakan kepada masyarakat umum. Hasilnya terbukti bermanfaat dan membantu orang tua dalam mengetahui gaya belajar bagi anaknya.

“Alhamdulillah, sejak mengikuti bimbel di Bimbel Klaas!, anak saya menjadi lebih maksimal belajarnya. Ditambah dengan adanya asesmen gaya belajar dan konseling sangat membantu saya sebagai orang tua untuk mengetahui gaya belajar yang cocok untuk Rara, anak saya. Tentor di Bimbel Klaas! juga sangat kompeten”  ujar Norma Hidayah, orang tua siswa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper