Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sabet Sejumlah Penghargaan, Karang Taruna Teladan Karanganyar Dapat Perhatian PKR

Karang Taruna Teladan Karanganyar mendapat perhatian dari Ketua umum PKR.
Penyerahan bantuan kepada karang taruna berprestasi Karanganyar/Istimewa
Penyerahan bantuan kepada karang taruna berprestasi Karanganyar/Istimewa

Bisnis.com, SOLO - Karang Taruna Bhakti Karya Desa Kaling, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar berhasil menjadi karang taruna berprestasi.

Pasalnya, sejumlah penghargaan tercatat telah diraihnya, mulai dari juara I Karang Taruna tingkat kabupaten, juara I Karang Taruna se-Jawa Tengah dan juara IV tingkat nasional.

Ketua Karang Taruna Bhakti Karya Desa Kaling, Agus Suyatno, mengatakan sejumlah prestasi yang diraih itu tidak terlepas dari upaya yang dilakukan selama ini demi kesejahteraan masyarakat setempat.

Beberapa program yang sudah dijalankan oleh karang tarunanya tersebut cukup beragam, mulai bimbingan belajar bagi anak-anak saat akan menghadapi ujian, mengadakan pengajian akbar, dan kajian bagi perempuan muslim Desa Kaling.

Ada pula workshop kewirausahaan bekerja sama dengan beberapa pengusaha untuk memberikan pelatihan seperti membuat lilin dari minyak jelantah, dan sablon.

“Kegiatan yang dilakukan oleh karang taruna Desa Kaling ini untuk mengatasi permasalah sosial masyarakat. Kami mengadakan kegiatan khususnya membantu pemerintah. Contohnya ada kegiatan mengundang dari berbagai unsur untuk pembinaan pemuda seperti penanggulangan narkoba dan pergaualan bebas,” ungkapnya dalam keterangan yang disampaikan kepada Bisnis, Kamis (25/11/2021).

Karang Taruna Bhakti Karya juga diketahui memiliki kegiatan usaha ekonomi produktif seperti ternak sapi, ternak kambing, ternak lele, dan ternak ayam.

Ada juga usaha sablon dan pembuatan konten yang disebarkan melalui akun Youtube, Instagram, dan Facebook. Mereka juga menyisihkan sebagian kecil hasil usaha untuk kegiatan sosial.

Untuk bisa lebih mengembangkan potensi anak muda di desanya, ia berharap ada ruang kreativitas yang bisa dimanfaatkan bersama.

“Kita butuh ruang kreativitas untuk anak muda agar mereka mengaktualisasikan potensinya. Apalagi saat ini potensinya di tempat kami cukup banyak,” kata dia.

Capaian karang taruna yang diketuai oleh Agus tersebut menjadi perhatian Ketua Umum Partai Kedaulatan Rakyat (PKR) Tuntas Subagyo.

Tuntas berharap, generasi muda selain harus menggali dan mengembangkan kreativitasnya juga harus bisa bersinergi dengan pemerintah setempat.

Menurut dia, salah satu perhatian partainya terhadap pemuda adalah pengembangan ekonomi kreatif (ekraf).

“Dalam hal kepemudaan ini kita konsep untuk adanya sebuah ekonomi kreatif karena era ini kan sudah berubah. Saat ini adalah era globalisasi dan digitalisasi yang membutuhkan kreativitas-kreativitas di kalangan muda untuk membangun Indonesia,” terangnya.

Sebagai perhatiannya terhadap Karang Taruna Bhakti Karya Desa Kaling itu, selain memberi motivasi pihaknya juga memberikan bantuan satu unit proyektor beserta layarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper