Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Arus Mudik Nataru di Solo Mulai Terasa

Petugas memprediksi puncak arus mudik dan peningkatan jumlah penumpang di Terminal Tirtonadi pada H-1 hingga H+1 Natal serta H+2 Tahun Baru 2022.
Chelin Indra Sushmita
Chelin Indra Sushmita - Bisnis.com 16 Desember 2021  |  13:40 WIB
Pengamanan di Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah.  - Antara
Pengamanan di Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah. - Antara

Bisnis.com, SOLO – Puncak arus mudik di Terminal Tirtonadi Solo diperkirakan terjadi pada H-1 hingga H+1 Natal serta H+2 Tahun Baru 2022. Berdasarkan pantauan JIBI, Rabu (15/12/2021), aktivitas penumpang di Terminal Tirtonadi Solo mulai menggeliat.

Beberapa penumpang tampak memadati shuttle travel di area belakang terminal. Ada juga beberapa penumpang bus dengan tujuan Jogja, Semarang, dan Surabaya.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tirtonadi, Joko Sutriyanto, mengatakan dalam beberapa bulan terakhir setelah Lebaran 2021, Joko melihat ada tren kenaikan penumpang yang menggunakan moda transportasi darat. Dia pun berharap tren ini terus meningkat dan situasi kembali normal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Setelah Lebaran 2021 sampai ke sini ada kenaikan penumpang sekitar 20 persen. Semoga terus meningkat sampai tahun depan,” jelasnya saat berbincang dengan (Jaringan Informasi Bisnis Indonesia/JIBI/Solopos) di kantornya, Rabu (15/12/2021) siang.

Dia memprediksi puncak arus mudik dan peningkatan jumlah penumpang di Terminal Tirtonadi pada H-1 hingga H+1 Natal serta H+2 Tahun Baru 2022. Menurutnya, pemudik dari wilayah aglomerasi Soloraya juga akan meningkat, mengingat sudah banyak orang yang mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

“Kemungkinan ada peningkatan pemudik dibandingkan dengan momen Nataru tahun lalu, khususnya dari wilayah aglomerasi Soloraya. Apalagi sudah banyak orang yang mendapatkan suntikan vaksin,” sambung dia.

Joko tidak menyiapkan banyak hal untuk menyambut pemudik pada momen libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. “Kami sudah melalui banyak pengalaman menyambut pemudik. Jadi, persiapan sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Kami siap menerima pemudik menjelang perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Bedanya, kali ini pengelola tidak mempersiapkan pengamanan khusus, namun berfokus pada penerapan protokol kesehatan,” tegasnya.

Guna mengurangi risiko penularan Covid-19, pengelola Terminal Tirtonadi rutin menggelar disinfeksi di seluruh area. Ada juga petugas medis yang disiagakan untuk mengantisipasi kondisi darurat.

Hampir semua penumpang di Terminal Tirtonadi sudah mendapatkan suntikan vaksinasi Covid-19, minimal dosis pertama. Pelacakan dilakukan melalui aplikasi PeduliLindungi. Selain itu dia menjamin semua petugas yang berada di terminal dalam kondisi sehat dan siap untuk melayani penumpang.

“Petugas di sini rutin melakukan tes Covid-19 dan hasilnya belakangan ini selalu negatif. Jadi bisa dipastikan semua petugas kami dalam kondisi sehat dan prima,” tandasnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Solo Mudik Lebaran Natal dan Tahun Baru

Sumber : JIBI/Solopos

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top