Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pematokan Lahan Proyek Tol Jogja-Bawen Dimulai

Titik pematokan calon lahan dilakukan dari Kabupaten Magelang hingga Semarang.
Mobil melintasi ruas jalan tol Bawen-Salatiga di Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Senin (3/7)./ANTARA-Aditya Pradana Putra
Mobil melintasi ruas jalan tol Bawen-Salatiga di Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Senin (3/7)./ANTARA-Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, SEMARANG - Pemerintah mulai melakukan pematokan pada calon lahan proyek pembangunan jalan tol Yogyakarta-Bawen pada bulan ini. Pematokan lahan dilakukan dari Kabupaten Magelang hingga Semarang.

Di Kabupaten Temanggung, Kota Magelang, dan Kabupaten Magelang pemasangan patok telah dilakukan sejak minggu kedua Februari. Pematokan juga telah dilakukan di batas Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta serta Desa Bligo, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang.

"Alhamdulillah, seluruh warga [terdampak tol] mengizinkan kami memasang patok ini di tempat pekarangan atau di sawah, di rumah milik masyarakat," jelas Moh Fajri Nukman, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, Selasa (22/2/2022).

Fajri menjelaskan bahwa pematokan tersebut bakal terus digenjot sehingga bisa rampung pada Maret atau April tahun ini. "Pengalaman kami, di desa yang belum terpasang patok, sudah ikut melihat dan menanyakan kapan di desanya akan dipasang patok. Alhamdulillah ini memberikan respon positif," jelasnya, dikutip dari laman Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Secara terpisah, Zainal Arifin Staff Bagian Tata Pemerintah Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang, menjelaskan bahwa pihaknya akan mendukung penuh kegiatan pembangunan tol. Dukungan tersebut diberikan Pemerintah Kabupaten Semarang karena akses tol bakal memberikan sejumlah manfaat bagi masyarakat. Salah satunya bagi peningkatan kinerja sektor pariwisata dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yang secara tidak langsung akan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

Hariyono, Analis Kebijakan Ahli Madya Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Jawa Tengah, menjelaskan bahwa pembangunan jalan tol Yogyakarta - Bawen bakal tetap memperhitungkan keberadaan fasilitas umum di area proyek tersebut. "Tetap akan memfungsikan sesuai dengan fungsi awalnya, kalau irigasi ya tetap difungsikan," jelasnya.

Ruas tol Yogyakarta - Bawen sendiri merupakan bagian dari proyek tol Yogyakarta-Solo-Semarang atau Joglosemar. Proyek tersebut merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang menjadi prioritas pemerintah.

Proyek tol Yogyakarta - Bawen terbagi menjadi 6 seksi, yaitu Sleman - Banyurejo (Seksi I), Banyurejo - Borobudur (Seksi II), Borobudur - Magelang (Seksi III), Magelang - Temanggung (Seksi IV), Temanggung - Ambarawa (Seksi V), dan Ambarawa - Bawen (Seksi VI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Sumber : jatengprov.go.id

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper