Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkot Yogyakarta Kembali Gelar Jogjavaganza

Jogjavaganza bakal mempertemukan pelaku pariwisata di Kota Yogyakarta dengan klien potensial dari berbagai daerah di Indonesia.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 26 Maret 2022  |  08:58 WIB
Wisatawan berjalan di kawasan Teras Malioboro 2, Danurejan, Yogyakarta, Rabu (9/3/2022). - Antara/Hendra Nurdiyansyah.
Wisatawan berjalan di kawasan Teras Malioboro 2, Danurejan, Yogyakarta, Rabu (9/3/2022). - Antara/Hendra Nurdiyansyah.

Bisnis.com, SEMARANG - Kegiatan promosi wisata bertajuk Jogjavaganza kembali digelar oleh Pemerintah Kota Yogyakarta. Acara tersebut memasuki tahun kelima pelaksanaan dimana pada tahun ini, Jogjavaganza bakal digelar pada 28-31 Maret 2022 nanti.

"Kami mengundang buyer potensial dari seluruh Indonesia. Namun untuk tahun 2022 kami berinovasi berdasarkan arahan dari Sekda untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan MICE," jelas Andrini Wiramawati, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Jumat (25/3/2022).

Jogjavaganza bakal memfasilitasi para pelaku pariwisata yang terdiri dari agen perjalanan wisata, pengelola hotel, restoran, daya tarik wisata, hingga pusat oleh-oleh. Ada 80 klien potensial yang bakal hadir dalam acara tersebut. Perinciannya adalah 40 agen perjalanan wisata di Pulau Jawa, 20 agen perjalanan wisata dari luar Jawa, serta 20 penyelenggara MICE dari Professional Conference Organizer (PCO), kementerian, event organizer, BUMN, dan korporasi.

"Kegiatan Jogjavaganza kami adakan tiap triwulan pertama saat low season. Kegiatan ini diadakan salah satunya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan," jelas Andrini dilansir Pemkot Yogyakarta.

Sebagai informasi, jumlah kunjungan wisata di Kota Yogyakarta memang tengah mengalami penurunan. Pandemi Covid-19 menjadi salah satu penyebabnya. Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta mencatat, pada tahun 2019, jumlah kunjungan wisatawan bisa menyentuh angka 4,3 juta. Namun, pada tahun 2021, hanya ada 1,2 juta kunjungan wisatawan. Andrini mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Yogyakarta sendiri menargetkan 1,4 juta kunjungan wisatawan pada tahun ini.

Aldi Fadhlil Diyanto, Ketua Jogjavaganza 2022 sekaligus Kepala Badan Promosi Pariwisata Kota Yogya (BP2KY), menjelaskan bahwa acara tersebut merupakan pertemuan Business to Business (B2B) yang bakal berjalan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. "Diharapkan Jogjavaganza bisa meningkatkan wisatawan ke Yogyakarta dan ekonomi masyarakat," tambahnya.

Serangkaian kegiatan juga bakal dilaksanakan dalam acara tersebut. Tak hanya mempertemukan pelaku wisata Kota Yogyakarta dengan klien potensial, namun bakal digelar pula kunjungan wisata dengan konsep heritage walk ke Kawasan Malioboro, Kampung Wisata Kauman, Kampung Wisata Sosromenduran, serta Museum Sonobudoyo.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

yogyakarta diy

Sumber : jogjakota.go.id

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top