Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Temanggung Susun Aturan Perlindungan Tembakau

Untuk menyusun naskah akademik itu nanti melalui APBD perubahan 2022.
Ilustrasi./Antara-Raisan Al Farisi
Ilustrasi./Antara-Raisan Al Farisi

Bisnis.com, TEMANGGUNG - Bupati Temanggung di Jawa Tengah, M Al Khadziq, mengatakan, mereka akan mengajukan rencana peraturan daerah (raperda) tentang pertembakauan kepada DPRD sebagai upaya perlindungan tembakau asli Temanggung.

Khadziq di Temanggung, Sabtu (2/4/2022), mengatakan, tahun ini akan disusun naskah akademiknya Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan dan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan di lingkungan pemerintahan Kabupaten Temanggung.

Ia menyampaikan untuk menyusun naskah akademik itu nanti melalui APBD perubahan 2022. "Kalau naskah akademiknya sudah ada nanti kami masukkan ke badan legislasi DPRD untuk dibahas pada 2023," katanya.

Selain untuk melindungi tembakau varietas asli Temanggung, katanya, Perda Pertembakauan juga untuk perlindungan terhadap proses pengolahan hasil.

"Kemudian isinya permintaan kepada industri agar memberikan perlakuan khusus kepada tembakau asli Temanggung, karena selama ini tidak ada perlakuan khusus, bahkan di perwakilan pabrik tidak ada slot khusus buat tembakau asli Temanggung," katanya.

Ia berharap dengan perda itu ada slot khusus dari pihak industri untuk membeli tembakau asli Temanggung. Perda nanti isinya juga tentang berbagai hal misalnya tentang potongan timbangan dan potongan lain-lain itu hendaknya ditiadakan.

"Cetotan dikurangi dan sebagainya, misalnya mengatur tentang itu. Mengatur di lapangan, di masyarakat tidak boleh ada potongan lain selain potongan tertentu yang memang dinilai wajar dalam perdagangan ini," katanya.

Menurut Khadziq agar tembakau Temanggung tetap eksis di industri rokok maka harus mempertahankan kemurnian dan keasliannya.

"Karakteristik tembakau asli Temanggung itu harus diberdayakan baik jenis tanamannya, varietasnya, cara mengolahnya sampai produk akhir sebelum dijual ke pabrik itu harus dipertahankan betul keasliannya, dengan cara ini maka tembakau tetap akan punya karakter dan karakter ini tidak bisa ditinggalkan oleh industri," katanya.

Berdasarkan informasi, katanya, tembakau Temanggung sangat diperlukan industri rokok kretek, karena yang dicari nikotin dan aromanya, hal ini yang tidak bisa digantikan tembakau dari daerah lain.

"Istilahnya tembakau Temanggung menjadi bumbunya, sementara nasinya dari tembakau-tembakau yang lain. Ini yang harus pertahankan, maka Dinas Pertanian Pemkab Temanggung selalu berusaha mempertahankan dan mengembangkan varietas asli Temanggung, yakni varietas Kemloko," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper