Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Curiga Menerima Uang Palsu saat Transaksi, Tolak Saja!

Jika sudah terlanjur menerima pembayaran dengan uang yang diduga palsu, diimbau uang itu disimpan dan jangan digunakan lagi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 11 April 2022  |  15:47 WIB
Petugas menunjukkan uang palsu yang akan dimunaskan di Jakarta, Rabu (26/2/2020). - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya
Petugas menunjukkan uang palsu yang akan dimunaskan di Jakarta, Rabu (26/2/2020). - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, SEMARANG - Polisi mengimbau masyarakat untuk jangan ragu menolak jika ada kecurigaan penggunaan uang palsu dalam transaksi perdagangan, menyusul meningkatnya peredaran uang menjelang Lebaran ini.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar Polisi Iqbal Alqudusy, dalam siaran pers di Semarang, Senin (11/4/2022), mengatakan, transaksi ekonomi dan peredaran uang meningkat pada bulan Ramadhan ini. "Kalau ada kecurigaan adanya uang palsu jangan ragu menolak dan meminta penggantinya," katanya.

Namun jika sudah terlanjur menerima pembayaran dengan uang yang diduga palsu, ia mengimbau uang itu disimpan dan jangan digunakan lagi. "Segera lapor ke polisi atau memjnta klarifikasi Bank Indonesia tentang kepastian keaslian uang yang diterima," tambahnya.

Menurut dia, terdapat ancaman pidana terhadap yang dengan sengaja mengedarkan atau menggunakan uang palsu sehingga dia meminta masyarakat tidak ikut terlibat dalam kejahatan itu.

Adapun salah satu upaya untuk menekan peredaran uang palsu, menurut dia, yakni dengan mendorong penggunaan transaksi non-tunai. Ia juga meminta masyarakat lebih teliti dan berhati-hati jika memang harus melakukan transaksi keuangan secara tunai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng uang palsu

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top