Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Catat! 11 Daerah di Jateng yang Bakal Diserbu Wisatawan saat Lebaran

Disporapar Jawa Tengah memprediksi, 11 daerah atau kabupaten/kota di Jateng bakal diserbu pelancong saat libur Lebaran 2022. Ini daftarnya.
Simpang Lima Semarang. Ilustrasi./Simpanglima.wordpress
Simpang Lima Semarang. Ilustrasi./Simpanglima.wordpress

Bisnis.com, SEMARANG — Dari pemantauan yang dilakukan, Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah memperkirakan sebanyak 11 daerah di Jateng bakal diserbu wisatawan dari berbagai daerah saat libur Lebaran tahun ini.

Sub-Koordinator Pengembangan Daya Tarik Wisata Disporapar Jateng Riyadi Kurniawan mengatakan, kesebelas daerah itu, yakni Kabupaten Boyolali, Kota Pekalongan, Kabupaten Pati, Kota Tegal, dan Kabupaten Klaten. Kemudian Kabupaten Batang, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kota Solo, Kabupaten Purworejo, dan Kabupaten Magelang.

Riyadi menyebutkan Disporapar Jateng telah menerjunkan timnya untuk melakukan pemantauan objek wisata di 11 kabupaten/kota tersebut. Pemantauan dilakukan sebagai bentuk persiapan dan antisipasi persebaran kasus Covid-19 akibat mobilitas yang tinggi.

“Kami sampai pada Dinas Pariwisata setempat [kabupaten/kota] saja, yakni terkait kebijakan mereka dalam menghadapi libur Idulfitri. Prediksi yang datang berapa, dikunjungi paling banyak dan paling berisiko,” ucap Riyadi.

Pengecekan kesiapan itu, kata Riyadi, selain memastikan kondisi sarana dan prasarana telah berjalan cukup baik, juga meminimalisasi kejadian buruk pada spot-spot wisata.

“Jadi terkait keselamatan ini agar tidak terjadi lagi kecolongan seperti tahun lalu, seperti peristiwa kapal terbalik di Waduk Kedungombo. Kemudian pernah wilayah lain juga [peristiwa] yang sama. Kami ingin meminimalisasi kejadian itu melalui pengawasan,” ucapnya.

Disinggung terkait prediksi Disporapar Jateng pada kunjungan wisatawan tahun ini, Riyadi menyebut ada kenaikan mencapai 60% dibanding tahun lalu. Hal ini dikarenakan tahun ini tidak ada pembatasan atau pelarangan mudik, sehingga wisatawan pun akan lebih leluasa berkunjung ke objek wisata saat momen Lebaran nanti.

“Seperti yang disampaikan Pak Dirjen Darat [Kementerian Perhubungan], ada 21,3 juta pemudik yang diprediksi masuk ke Jateng. Ini jadi peringatan bagi kami. Jadi kami imbau pengelola wisata untuk bersiap, baik daya tarik wisata, hotel, dan restoran,” katanya.

Lepas dari itu, dari data Disporapar Jateng total ada sekitar 1.100 daya tarik wisata yang tersebar di 35 kabupaten/kota di Jateng. Kendati demikian, belum semua objek wisata di daerah tersebut dibuka, seperti objek wisata air Kalitaman di Salatiga yang masih tutup karena ada renovasi atau perbaikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Adhik Kurniawan
Sumber : JIBI/Solopos.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler