Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PPKM Resmi Berakhir, Begini Capaian Vaksinasi di Jawa Tengah

Kota Semarang menjadi wilayah dengan penerima vaksin dosis pertama terbanyak se-Jawa Tengah. Jumlahnya mencapai 1.641.710 orang penerima, atau 125,79 persen dari target provinsi.
Ilustrasi - Pelaksanaan vaksinasi di bangunan pabrik siap pakai (BPSP) X, PT Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW). /Bisnis-Alif N Rizqi
Ilustrasi - Pelaksanaan vaksinasi di bangunan pabrik siap pakai (BPSP) X, PT Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW). /Bisnis-Alif N Rizqi

Bisnis.com, SEMARANG – Sebanyak 26.807.292 orang telah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama di Jawa Tengah. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, Senin (23/5/2022), terdapat penambahan 18.056 orang penerima vaksin dosis pertama.

Persentase capaian vaksinasi dosis pertama di Jawa Tengah kini telah mencapai 93.31 persen. Dari jumlah tersebut, Kota Semarang menjadi wilayah dengan penerima vaksin dosis pertama terbanyak se-Jawa Tengah. Jumlahnya mencapai 1.641.710 orang penerima, atau 125,79 persen dari target provinsi. 

Dilihat dari target penerimanya, vaksin dosis pertama masih terus menyasar kelompok masyarakat lanjut usia serta masyarakat umum dan rentan. Capaian di dua kelompok tersebut masih berkisar di bawah angka 90 persen, tepatnya di 80,84 persen untuk kelompok lansia dan 77,52 persen untuk masyarakat umum dan rentan.

Sementara itu, capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama untuk tenaga kesehatan telah melampaui target. Dari 164.917 orang penerima, capaian vaksinasi di kelompok tersebut sudah mencapai 148,63 persen.

Pada perkembangan lainnya, untuk capaian vaksinasi Covid-19 dosis kedua, Kementerian Kesehatan mencatat Jawa Tengah telah memenuhi 82,51 persen dari target sebesar 23.704.082 orang penerima. Capaian vaksinasi dosis ketiga atau booster dilaporkan berada di angka 21,53 persen. Dimana target penerimanya berada di angka 6.184.703 orang.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sendiri memiliki 29 unit sentra vaksinasi yang tersebar di setiap kabupaten dan kota. Di Kota Semarang, tersedia tujuh sentra vaksinasi yaitu di Klenteng Sam Poo Kong, UIN Walisongo, Unika Soegijapranata Semarang, Universitas Dian Nuswantoro, Poltekkes Kemenkes Semarang, Kantor Kecamatan Pedurungan, juga di Holy Stadium Marina.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Semarang, stok vaksin Covid-19 jenis Sinovac di Kota Lumpia tersebut masih melimpah. Bahkan, stoknya mencapai 2.296 vial. Sementara itu, untuk vaksin jenis Moderna, stoknya masih di angka 1.014 vial. Sementara untuk jenis Pfizer dan AstraZeneca, stoknya sudah mulai menipis dengan angka masing-masing 385 vial dan 100 vial.

Sebagai informasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali resmi berakhir pada hari ini (23/5/2022). Sebelumnya, pada PPKM Jawa-Bali periode 10-23 Mei 2022, ada tiga wilayah di Jawa Tengah yang telah berstatus Level 1. Sementara itu, sisanya telah berstatus PPKM Level 2. Ketiga wilayah tersebut adalah Kota Semarang, Kabupaten Kendal, juga Kabupaten Banyumas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Sumber : covid19.go.id, covid.19.kemenkes.go.id, corona.jatengprov.go.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper