Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gibran: Pelaku UMKM Hingga Pedagang Pasar Bisa Dorong Ekonomi Digital

Penggunaan produk keuangan digital terus digenjot kepada para pelaku UMKM serta pedagang pasar di Kota Surakarta.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 16 Juni 2022  |  16:09 WIB
Gibran: Pelaku UMKM Hingga Pedagang Pasar Bisa Dorong Ekonomi Digital
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka saat memberikan keterangan kepada wartawan. - Antara/Aris Wasita

Bisnis.com, SEMARANG — Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, bakal terus mendorong pemanfaatan teknologi digital kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta pedagang pasar baik tradisional maupun modern di wilayah tersebut. Pasalnya, proses transformasi digital menjadi sebuah keharusan untuk bisa bertahan di tengah persaingan yang kian ketat.

“Saya minta semua pelaku usaha untuk memanfaatkan, memaksimalkan, segala fasilitas yang ada untuk mengembangkan usahanya di era transformasi digital,” jelas Gibran dalam acara webinar yang digelar Solopos dan Harian Jogja, Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, pada Kamis (16/6/2022).

Gibran menyebut Pemerintah Kota Surakarta bakal terus menjalin kerja sama dengan pelaku industri jasa keuangan dan perbankan untuk mempercepat sekaligus memperkuat ekonomi digital. “Bukan hanya pelaku UMKM, namun pedagang tradisional pun kita dorong untuk menggunakan keuangan digital dalam setiap transaksi,” jelasnya.

Secara khusus, Pemerintah Kota Surakarta juga telah menyiapkan Solo Techno Park untuk bisa menjadi pusat geliat ekonomi digital di Kota Surakarta. Dengan dukungan, kerja sama, serta fasilitas yang sudah disiapkan tersebut, Gibran optimis kebangkitan ekonomi digital di Kota Surakarta bisa terwujud.

“Jika ini dapat diimplementasikan dengan baik, saya yakin kebangkitan ekonomi Kota Solo akan terwujud dan berpusat pada pelaku UMKM dan pedagang pasar tradisional maupun modern,” jelasnya.

Dukungan yang diberikan Pemerintah Kota Surakarta tersebut menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh banyak pihak. Pasalnya, pengembangan ekonomi digital memang mesti dilakukan secara simultan dan saling bersinergi antar banyak pihak. Tak cuma pelaku industri keuangan ataupun perbankan, tapi juga pemerintah sebagai pemangku kebijakan.

Tastaftiyan Risfandy, Kepala Program Studi Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret (UNS) menyebut dukungan yang terintegrasi dari pemangku kebijakan itu bakal mendorong kemajuan ekonomi digital di masa mendatang.

Nantinya, generasi milenial bakal menjadi kelompok yang menikmati manisnya kemajuan tersebut. Terlebih dengan masih rendahnya tingkat transformasi digital di sektor UMKM di Tanah Air. “Memang sudah saatnya transformasi dalam dunia ekonomi, dari ekonomi konvensional ke ekonomi digital. Penggeraknya ya anak-anak kita,” jelas Risfandy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm digital surakarta literasi keuangan Layanan Keuangan Digital Gibran Rakabuming Raka
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top