Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kewajiban Booster Tidak Berdampak ke Hunian Hotel di Jatim

Faskes di daerah-daerah yang menyediakan booster banyak sehingga tidak menyulitkan masyarakat yang memanfaatkannya untuk di-booster.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 13 Juli 2022  |  14:53 WIB
Kewajiban Booster Tidak Berdampak ke Hunian Hotel di Jatim
Tenaga kesehatan menyiapkan cairan vaksin dosis ketiga. - Bisnis/Arief Hermawan P.
Bagikan

Bisnis.com, MALANG — Kewajiban telah divaksin penguat (booster) bagi pelaku perjalanan jauh tidak berdampak bagi penurunan hunian hotel di Jatim karena masyarakat tampaknya sudah dapat beradaptasi terkait dengan kebijakan penanganan Covid-19.

Ketua PHRI Jatim, Dwi Cahyono, mengatakan adanya ketentuan pemberlakuan harus booster bagi pelaku perjalanan jauh tidak disikapi panik oleh wisatawan, termasuk pelaku usaha travel.

“Mereka biasanya bertanya ke hotel terkait bagaimana ketentuan prokes di daerah tertentu dan setelah diberitahu wisatawan tetap mengunjungi hotel, tidak membatalkannya,” ujarnya, Rabu (13/7/2022).

Dia menduga pemberlakuan booster bagi pelaku perjalanan tidak berdampak kepada sektor pariwisata, terutama hotel, karena sudah terbiasa dengan ketentuan mengenai prokes Covid. Bisa jadi pelaku perjalanan sudah vaksin dua kali sehingga tidak terlalu merepotkan jika harus booster.

Terlebih lagi, kata dia, tampaknya layanan faskes di daerah-daerah yang menyediakan booster banyak sehingga tidak menyulitkan masyarakat yang memanfaatkannya untuk di-booster.

Oleh karena itulah, dia memperkirakan, pada liburan tingkat hunian akan naik. Tingkat hunian bisa di atas 50 persen, sedangkan sebelumnya masih di kisaran 40 persen-an.

Sebelumnya, Ekonom dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB), Joko Budi Santoso, juga memberikan penilaian senada.

Menurut dia, pemberlakuan harus melakukan booster bagi pelaku perjalanan jarak jauh diperkirakan tidak akan mempengaruhi perlambatan pada upaya pemulihan ekonomi karena masyarakat sudah familiar dan dengan cepat dapat beradaptasi dengan berbagai kebijakan pengendalian Covid-19.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Vaksin Booster hotel jatim
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top