Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertamina Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Safetyman Bagi Pemuda Usia Produktif

Sebagai upaya mengurangi angka pengangguran pada masyarakat usia produktif, Pertamina menyelenggarakan pelatihan safetyman dan sosialisasi tanggap darurat
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 06 Oktober 2022  |  16:18 WIB
Pertamina Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Safetyman Bagi Pemuda Usia Produktif
Foto: Dok. Pelatihan Safetyman Pertamina
Bagikan

Bisnis.com, CILACAP - Sebagai upaya mengurangi angka pengangguran pada masyarakat usia produktif, Pertamina menyelenggarakan pelatihan safetyman bagi kelompok pemuda sekaligus sosialisasi tanggap darurat pada Senin hingga Jumat (26-30/9) bertempat di Whiz Prime Hotel, Kabupaten Cilacap.

Di sela kegiatan, Budi Yulianto selaku Supervisor Health Safety Security Environment (HSSE) Fuel Terminal Lomanis PT Pertamina Patra Niaga menyebut ada 25 peserta yang mengikuti pelatihan dan mayoritas berasal dari Kelurahan Donan, Kabupaten Cilacap.

“Pelatihan ini merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang dijalankan sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat yang berada di sekitar lokasi unit operasi Pertamina, salah satunya Fuel Terminal Lomanis yang berada di Kabupaten Cilacap,” ungkap Budi.

Setelah pelatihan, Pertamina juga memfasilitasi sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) bagi para peserta.

“Dengan demikian keterampilan yang kami latih memenuhi standar nasional sehingga sertifikasi profesi tersebut dapat digunakan tidak hanya di Cilacap saja tapi juga di seluruh Indonesia,” tambahnya.


Budi menjelaskan, program pelatihan dan sertifikasi ini merupakan kali ketiga dalam kurun waktu 3 tahun terakhir yang telah dijalankan.


“Sedikitnya sudah 78 orang yang sudah kami berikan pelatihan dan keterampilan. Kami berharap akan semakin banyak masyarakat yang kami bekali keterampilan kerja, tidak hanya safetyman tapi keterampilan lainnya untuk menjadi bekal dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang ada di Cilacap, di mana terdapat banyak perusahaan industri yang bisa mempekerjakan,” pungkasnya.

Tutur selaku Lurah Donan yang hadir pada kegiatan tersebut mengapresiasi kegiatan pelatihan yang dijalankan Pertamina dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di wilayahnya.

“Kami ucapkan terima kasih karena tahun ini perwakilan warga usia produktif dari wilayah Kelurahan Donan dapat mengikuti pelatihan dari Pertamina. Ini merupakan bukti bahwa Pertamina menaruh kepedulian terhadap masyarakat yang ada di sekitarnya,” imbuh Tutur. 

Tingkatkan Kapasitas Masyarakat, Wujud Komitmen ESG dan Kontribusi Terhadap SDGs
 
Secara terpisah, Area Manager Communication, Relations, & CSR Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho program pelatihan yang dijalankan Pertamina dalam rangka meningkatkan kapasitas masyarakat
merupakan salah satu wujud komitmen Pertamina terhadap ESG (Environment, Social, Governance).
 
“Selain itu program ini juga mendukung pemerintah khususnya dalam berkontribusi terhadap pencapaian Sustainable Development Goas (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), utamanya pada poin 4 (Pendidikan Berkualitas), poin 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi) dan poin 17 (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan),” tutup Brasto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina bnsp csr
Editor : Media Digital
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top