Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sepak Terjang Prof Sajidan, Rektor Baru UNS Solo Periode 2023-2028

Prof Sajidan terpilih sebagai rektor UNS periode 2023-2028, berikut sepak terjang kariernya di dunia pendidikan.
Prof Sajidan terpilih sebagai rektor UNS periode 2023-2028/Solopos-Gigih Windar Pratama
Prof Sajidan terpilih sebagai rektor UNS periode 2023-2028/Solopos-Gigih Windar Pratama

Bisnis.com, SOLO - Prof DR rer nat Sajidan terpilih sebagai Rektor Universitas Sebelas Maret atau UNS Surakarta untuk periode 2023-2028.

Dirinya unggul tipis dari Prof Dr Hartono. Pemilihannya itu dilakukan oleh Majelis Wali Amanah (MWA) UNS saat rapat pleno pemilihan rektor di Ruang Sidang 1 Gedung Dr Prakoso, kampus UNS Solo, Jumat (11/11/2022).

Melansir laman fkip.uns.ac.id, Prof Sajidan lahir di Boyolali, 15 April 1966. Ia juga bergelar Guru Besar Ilmu Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS tersebut.

Pelantikan Prof Sajidan sebagai Rektor UNS akan dilakukan pada April 2023 mendatang.

Ia sebelumnya menjabat sebagai Wakil Rektor Perencanaan Kerja Sama Bisnis dan Informasi UNS memperoleh gelar sarjana dari UNS pada 1989. Ia kemudian meneruskan pendidikan Magister di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan lulus pada 1997.

Setelah itu, Prof Sajidan menempuh jenjang doktoral di salah satu kampus kenamaan Jerman di bidang sains dan genetika, Humboldt University Berlin.

Ia mengambil bidang ilmu Genetika Bakteri atau Bioteknologi dan lulus pada 2002 dengan judul disertasi Molecular Characterization of Phytase from Indonesian Rice Soil Bacteria.

Sajidan juga sudah menjabat beberapa posisi strategis di UNS. Yakni mulai dari Ketua Pusat Studi Bioteknologi dan Biodiversitas LPPM UNS (2003), Koordinastor Kerjasama Luar Negeri UNS (2004-2005). Kemudian Ketua Program Studi S2 Ilmu Lingkungan (2004-2008), dan Pembantu Dekan I (2007-2015).

Sajidan juga pernah menjabat sebagai Kepala Prodi S3 IPA pada 2017 hingga 2019 sebelum kini menjabat sebagai Wakil Rektor UNS Solo. Ia juga pernah meraih penghargaan sebagai Juara 1 Dosen Berprestasi di UNS pada 2005, dan masih anggota aktif Indonesian Society of Biology Educators and Researcher (ISBER).

Sebanyak 49 jurnal ilmiah dan satu buah buku berjudul Metabolisme Sel dan Bioteknologi telah ia terbitkan. Dirinya bahkan memiliki tiga hak paten di bidang keilmuan, yakni Implementasi Model Science Intergrated Learning, Etnosains dan Stimulasi Berpikir Tingkat Tinggi. Ketiga hak paten itu ia dapatkan pada 2017.

Di bidang penelitian ia sudah menjadi bagian dari total 24 penelitian. Terkini ia turut mengembangkan penelitian mengenai Pengembangan model pembelajaran IPA di era revolusi industri 4.0 dan Indonesia Society 5.0 pada 2020.

Saat ini, Sajidan memiliki minat pada problematika pendidikan IPA, kajian kurikulum sains, penulisan dan penerbitan ilmiah, genetika, biokimia dan bioteknologi, teknologi pengelolaan sampah, biologi molekuler, teknologi informasi dan komunikasi.

Penelitian yang dilakukan Sajidan juga meliputi pengembangan model pembelajaran IPA di era industri revolusi 4.0 dan Masyarakat Indonesia 5.0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Solopos
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper