Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Bersama Mobil SiMolek Edutainment OJK, Bank Jateng Galakkan Inklusi Keuangan

Bank Jateng Cabang Surakarta memanfaatkan mobil SiMolek Edutainment untuk melakukan sosialisasi gerakan Gemar Menabung pada siswa-siswi SMP 10 Surakarta.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 06 Desember 2022  |  09:32 WIB
Bersama Mobil SiMolek Edutainment OJK, Bank Jateng Galakkan Inklusi Keuangan
Istimewa - Bank Jateng
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus menggalakkan kegiatan literasi keuangan kepada masyarakat. Hal tesebut sejalan dengan amanat Peraturan Presiden No.82/2016 yang menargetkan pencapaian target inklusi keuangan sebesar 90 persen pada 2024 mendatang.

Untuk mendukung capaian tersebut, OJK Solo telah menyediakan Sarana Informasi Mobil Literasi dan Edukasi Keuangan (SiMolek) Edutainment. Fasilitas itu dapat digunakan Industri Jasa Keuangan (IJK) di wilayah Solo Raya untuk melakukan edukasi kepada masyarakat.

Pada pengujung November lalu, Bank Jateng Cabang Surakarta memanfaatkan mobil SiMolek Edutainment untuk melakukan sosialisasi gerakan Gemar Menabung pada siswa-siswi SMP 10 Surakarta. Tak cuma dibekali pengetahuan keuangan, para pelajar juga diajak mengikuti berbagai permainan yang diharapkan dapat memotivasi mereka untuk mulai menabung.

Tim yang berasal dari Bank Jateng juga memberikan penjelasan mengenai manfaat menabung sejak dini untuk masa depan melalui produk Simpanan Pelajar (SimPel). Produk tersebut juga merupakan inisiatif OJK untuk memperluas akses keuangan masyarakat, khususnya pada kelompok usia pelajar.

Melalui SimPel, para pelajar mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) bisa dibiasakan dan diajarkan untuk mengelola uangnya. Lebih lanjut, SimPel juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman orang tua dan komunitas sekolah mengenai layanan keuangan.

Sebagai informasi, untuk membuka tabungan SimPel, masyarakat hanya perlu memenuhi sejumlah syarat sederhana. Selain mengisi formulir pembukaan tabungan, calon nasabah yang masih pelajar dan orang tuanya mesti menyiapkan fotokopi akta kelahiran, kartu pelajar, kartu keluarga, serta melakukan setoran awal sebesar Rp5.000.

Djaka Nur Sahid, Pemimpin Bank Jateng Cabang Surakarta, memberikan dukungan penuh atas kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan peningkatan literasi keuangan tersebut perlu untuk dilakukan, khususnya kepada pelajar. "Sehingga harapannya mengenalkan dan mengajarkan masyarakat mengenai layanan keuangan perbankan bisa dimulai sedari dini," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank jateng

Sumber : Siaran Pers

Editor : Farodlilah Muqoddam
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top