Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Info BMKG: Yogyakarta Diguncang Gempa 5,2 Magnitudo

Titik pusat gempa berada di laut 126 kilometer barat daya Kulonprogo dengan kedalaman 10 kilometer.
Ilustrasi gempa/pixabay.com
Ilustrasi gempa/pixabay.com

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan gempa yang terjadi di wilayah Kulonprogo, Yogyakarta pada hari ini, Jumat (17/3/2023) pukul 19.05 WIB.

Dilansir dari situs resmi BMKG, titik pusat gempa berada di laut 126 kilometer barat daya Kulonprogo dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa ini dirasakan di beberapa wilayah, seperti Kulonprogo, Bantul, Trenggalek, Pacitan, Madiun, dan Ponorogo dengan skala III MMI.

Sementara, di daerah Tulungagung, Ngawi, dan Magetan, gempa dirasakan dengan skala II-III MMI. Daerah yang merasakan gempa ini dengan skala II MMI antara lain Klaten, Kediri, Karangkates, Nganjuk, dan Solo. Lalu, Banjarnegara, Wonogiri, Wonosobo, Cilacap, dan Purworejo.

Sebelumnya, BMKG memberikan panduan upaya melindungi diri saat terjadi gempa.

Saat berada di dalam ruangan, masyarakat terlebih dulu harus melindungi kepala dan badan dari reruntuhan bangunan. Ketika guncangan terjadi, usahakan untuk mencari perlindungan seperti bersembunyi di bawah meja.

Masyarakat juga dapat mencari lokasi paling aman dari reruntuhan saat terjadi goncangan. Jika masih memungkinkan, masyarakat dapat lari ke luar gedung agar lebih aman dan jauh dari potensi reruntuhan bangunan.

Adapun saat sedang berada di luar bangunan atau area terbuka, sebaiknya langsung menghindari diri dari bangunan yang ada di sekitar seperti gedung, tiang listrik, pohon dan benda tinggi lainnya.

Perhatikan pula tempat Anda berpijak karena dalam kondisi tertentu, boleh jadi gempa menyebabkan rekahan pada tanah. Biasanya, di beberapa lokasi juga telah ditentukan titik kumpul saat sedang terjadi gempa bumi.

Lain lagi saat guncangan terjadi ketika masyarakat sedang berkendara. Jika sudah merasakan guncangan, maka segera turun dan menjauh dari mobil dan menghindari rekahan tanah maupun kebakaran pada kendaraan.

Kondisi berbeda mesti dilakukan saat Anda sedang berada di pantai. BMKG meminta masyakat langsung meninggalkan pantai dan menuju ke tempat yang lebih tinggi untuk menghindari tsunami.

Sementara itu jika berada di pegunungan, maka masyarakat mesti awas pada potensi longsor yang terjadi di lokasi rawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper