Bank Jateng Dukung Tradisi Pesta Lomban di Jepara

Bank Jateng ikut melestarikan keragaman tradisi di Jawa Tengah. Salah satunya dengan dukungan yang diberikan pada pelaksanaan Pesta Lomban di Kabupaten Jepara.
Bank Jateng mendukung pelaksanaan Pesta Lomban dan Pekan Syawalan 2023 yang digelar di Kabupaten Jepara. /Foto: Istimewa
Bank Jateng mendukung pelaksanaan Pesta Lomban dan Pekan Syawalan 2023 yang digelar di Kabupaten Jepara. /Foto: Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG - Bank Jateng sebagai banknya orang Jawa Tengah tak cuma memberikan dukungan pada aktivitas ekonomi masyarakat. Lebih daripada itu, Bank Jateng juga ikut berperan pada upaya pelestarian keragaman tradisi di Jawa Tengah.

Komitmen tersebut dibuktikan dengan dukungan Bank Jateng pada pelaksanaan Pesta Lomban dan Pekan Syawalan 2023 yang digelar di Kabupaten Jepara beberapa waktu lalu.

"Pesta Lomban ini merupakan budaya lokal yang sudah begitu mengakar dan juga menjadi salah satu magnet kunjungan wisata di Kabupaten Jepara," jelas Pimpinan Cabang Bank Jateng Jepara, Kurniawan Adji P, dikutip Kamis (4/5/2023).

Lebih lanjut, dukungan Bank Jateng tersebut diharapkan dapat membangkitkan tradisi budaya lokal sebagai bagian dari daya tarik wisata.

Edy Supriyanta, Pj Bupati Jepara, menjelaskan bahwa tradisi Lomban sendiri dapat dilacak sejarahnya dari kisah perjalanan dua pejabat Kadipaten Jepara pada 1855. "Dalam perjalanan berlayar ke Karimunjawa, kapal yang membawa kedua pejabat tersebut mengalami masalah karena dihantam badai sehingga terombang-ambing di tengah laut," jelasnya. 

Dua pejabat Kadipaten Jepara itu akhirnya ditolong oleh Ki Ronggo dan Cik Lanang. Kejadian itu menjadi mula dari tradisi Lomban. Edy berharap, tradisi tersebut dapat dipertahankan oleh masyarakat Kabupaten Jepara dan menjadi tradisi yang abadi.

Sebagai informasi, Pesta Lomban digelar di Kabupaten Jepara pada 28 April 2023 lalu. Prosesi Lomban dimulai dengan pemotongan kerbau di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Ujungbatu, Jepara. Sore harinya, masyarakat berbondong-bondong menziarahi makam Cik Lanang di Kelurahan Bulu dan makam Ki Ronggo di Ujungbatu. Sepulang dari ziarah, pada malam harinya, pertunjukan wayang kulit dipentaskan semalam suntuk di TPI Ujungbatu.

"Dalam pelaksanaan Pesta Lomban dan Pekan Syawalan tahun ini peserta diwajibkan memperhatikan keselamatan pelayaran, mulai dari kelengkapan pelampung dan tidak melebihi kapasitas kapal," jelas Ida Lestari, Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara.

Puncak acara Pesta Lomban digelar pada 29 April 2023. Kepala kerbau yang sudah disembelih pada hari sebelumnya dilarung menuju tengah laut. Kapal khusus yang membawa sesaji itu diikuti oleh banyak perahu nelayan yang ingin mendapat berkah dari tradisi turun temurun tersebut. Adapun sesaji dan larungan tersebut menjadi wujud syukur masyarakat Kabupaten Jepara atas melimpahnya tangkapan ikan yang dinikmati para nelayan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Press release
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper