Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangkit Listrik Tenaga Surya 100 kWp Lengkapi Bandara Ahmad Yani

PLTS di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang yang dibangun oleh APP adalah berupa 186 unit Solar PV Modul berkapasitas 100 kilowatt-peak (kWp).
Ilustrasi panel pembangkit listrik tenaga surya (PLTS)./Ist
Ilustrasi panel pembangkit listrik tenaga surya (PLTS)./Ist

Bisnis.com, SEMARANG - PT Angkasa Pura I bersama anak usahanya yaitu PT Angkasa Pura Properti (APP) membangun panel pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Kota Semarang.

“Kami memiliki komitmen untuk mewujudkan operasional bandara yang ramah lingkungan, serta dapat memberikan kontribusi positif terhadap pelestarian lingkungan," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi melalui keterangan tertulis di Semarang, Senin (17/7/2023).

Pembangunan PLTS di Bandara Jenderal Ahmad Yani yang saat ini tengah dilaksanakan oleh salah satu anak usaha yakni APP merupakan langkah lanjutan setelah sebelumnya dibangun PLTS di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada pertengahan tahun 2022.

Pembangunan PLTS di bandara-bandara kelolaan PT Angkasa Pura I merupakan perwujudan komitmen perusahaan untuk mendukung Program Net Zero Emission (NZE) di tahun 2060 yang dicanangkan oleh pemerintah Republik Indonesia.

Direktur Utama PT Angkasa Pura Properti Ristiyanto Eko Wibowo menyatakan pembangunan PLTS ini merupakan langkah konkret untuk mendukung upaya PT Angkasa Pura I dalam menerapkan konsep eco airport.

“Setelah sebelumnya berhasil dalam pembangunan solar panel sistem di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, kini APP kembali dipercaya oleh Angkasa Pura I untuk membangun Solar PV Modul di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang,” ujarnya.

Ia menjelaskan panel PLTS di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang yang dibangun oleh APP adalah berupa 186 unit Solar PV Modul dengan kapasitas 100 kilowatt-peak (kWp) yang akan dipasang di atap kanopi area parkir gedung administrasi dan atap Gedung Main Power House (MPH).

Pekerjaan pembangunan PLTS tersebut ditargetkan selesai pada Desember 2023, serta ke depannya PLTS ini akan menyuplai kebutuhan listrik sejumlah gedung di area Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

PLTS ini dibangun dan akan dikelola APP yang telah memiliki izin usaha jasa penunjang tenaga listrik (IUJPTL).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper