Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kronologi Penemuan Kerangka Manusia di Proyek Keraton Yogyakarta

Petugas proyek revitalisasi Keraton Yogyakarta menemukkan kerangka manusia utuh saat melakukan pengurukan di sekitar Magersari atau Sultan Ground (Kasultanan).
Garis polisi/Ilustrasi
Garis polisi/Ilustrasi

Bisnis.com, SOLO - Penemuan adanya tengkorak manusia di lingkungan proyek revitalisasi Keraton Yogyakarta di Jalan Suryomentaraman Wetan, RT 55 RW 14, Panembahan, Kecamatan Keraton, Yogyakarta, mendadak viral pada Senin (8/8/2023).

Para pekerja yang sedang menggali lubang tiba-tiba menemukan kerangka manusia yang diduga masih utuh. Karena takut merusak, mereka pun melapor ke pihak yang berwajib.

Ketua RW 14 Kurniawan mengatakan bahwa penemuan tengkorak ini sempat geger di grup WhatsApp warga sekitar. Ia pun mengaku penemuan seperti ini pernah terjadi sebelumnya.

"Ternyata enggak cuma 1 ini, tapi kemarin di utara juga ada tetapi enggak utuh. Kalau ini utuh, maka Bu RT kontak kelurahan lalu Pak Babin dan dari Koramil datang ke sini," kata Kurniawan di hadapan wartawan, Senin.

Menurutnya, penemuan kerangka ini berada di lokasi Magersari atau Sultan Ground (Kasultanan), di mana dulu masuk menjadi daerah perang.

Dalam perkembangannya, wilayah tersebut adalah lahan kosong yang kemudian baru diperbolehkan didirikan bangunan sekitar 1970.

Namun pada 8 Juli 2023, pemerintah meminta bahwa lokasi tersebut dikosongkan. Saat ini pun masuk tahap pengerukan tanah yang akhirnya ditemukan kerangka.

Kurniawan juga menceritakan bahwa petugas proyek yang menemukan kerangka saat ini sedang dimintai keterangan polisi.

Hal ini kemudian dikonfirmasi oleh Kasi Humas Polresta Yogyakarta AKP Timbul Sasana Raharja yang mengatakan bahwa pihaknya masih dalam proses pengecekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper