Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PDAM Kota Semarang Pastikan Stok Air Bersih Aman saat Lebaran

Meski liburan panjang, PDAM akan tetap siaga dan berikan pelayanan distribusi air bersih ke masyarakat.
Ilustrasi pengolahan air bersih./Bisnis.com
Ilustrasi pengolahan air bersih./Bisnis.com

Bisnis.com, SEMARANG - PDAM Tirta Moedal Kota Semarang pastikan pelayanan distribusi air bersih akan tetap lancar selama Hari Raya Idulfitri 2024 mendatang.

Direktur Utama PDAM Tirta Moedal Semarang, Yudi Indardo, mengatakan bahwa meski sebentar lagi akan menghadapi libur panjang, PDAM akan tetap melayani kebutuhan masyarakat untuk menyediakan pasokan air bersih.

“Kita juga kalau pun libur nasional, libur Lebaran, itu ada piket di semua hulu sampai hilir, jadi tidak perlu khawatir ya,” kata Yudi dikutip, Rabu (3/4/2024).

Menurutnya, stok air selama liburan hari raya Idulfitri masih aman. Terlebih lagi, saat ini Kota Semarang belum memasuki musim kemarau ekstrim seperti tahun sebelumnya. Sehingga dari sisi kuantitas dan kualitas air masih relatif terjaga.

Saat ini, Yudi menyebut rata-rata produksi air bersih yang didistribusikan ke masyarakat kurang lebih 4.000 liter per detik. Mengingat hujan di Kota Semarang masih kerap turun, Yudi memastikan bahwa aliran air di wilayah yang kemungkinan rawan banjir masih akan relatif aman.

“Pelayanan tetap, ya. Sebenarnya kalau daerah [rawan banjir] yang dialiri air PDAM aman ya misalnya ada banjir, tetapi mudah-mudahan enggak ada lagi ya,” bubuhnya.

Justru, biasanya yang mengalami ketersendatan aliran adalah sumur air. Jika mengalami listrik mati, tentu pompa pun akan mati. Bahkan menurutnya, saat musim kemarau ekstrim atau bahkan banjir, PDAM justru lebih banyak melayani masyarakat yang bukan pelanggan PDAM.

“PDAM kalau banjir masih tetap nyala. Ini bentuk kepedulian kita terhadap mereka walaupun bukan pelanggan PDAM tapi kita tetap layani,” tuturnya.

Lebih lanjut, Yudi juga menjelaskan mengenai antisipasi PDAM Tirta Moedal dalam menghadapi El Nino. Menurutnya, pasokan air di Kota Semarang masih akan aman karena ada cadangan air dari waduk yang bisa disalurkan.

“Lebih aman. Hulunya dijaga waduk. Jadi, kalau ada defisit air mereka masih ada cadangan air untuk kita salurkan ya. Aman,” terang Yudi. [Magang/Vatrischa Putri Nur Sutrisno]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler