Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Specta 2024 Dukung Sport Tourism di Jateng

Specta 2024 merupakan sebuah event yang terdiri ats kompetisi 14 cabang olahraga baik tingkat nasional maupun internasional.
Pj. Gubernur Jateng Nana Sudjana bersama Sekda Jateng Sumarno meluncurkan Specta 2024. /Foto: Istimewa
Pj. Gubernur Jateng Nana Sudjana bersama Sekda Jateng Sumarno meluncurkan Specta 2024. /Foto: Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggelar Jawa Tengah Sport Tourism Event (Specta) tahun 2024 untuk meningkatkan sport tourism di wilayah ini.

Specta 2024 merupakan sebuah event yang terdiri ats kompetisi 14 cabang olahraga baik tingkat nasional maupun internasional. Cabang olahraga tersebut yaitu bola voli, e-sport, off road, tenis lapangan, tenis meja, half marathon, muaythai triatlon, yoga, zumba, MTB, sepakbola, gerak jalan, Borobudur Maraton, dan Gantole.

Ada dua cabang olahraga yang sudah dipertandingkan yakni bola voli dan e-sport. Sementara itu, 12 event lainnya akan dilaksanakan dalam beberapa bulan mendatang.

Pj. Gubernur Jateng Nana Sudjana mengharapkan event Specta 2024 dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata.

“Penyelenggaraan event  tersebut dapat mengangkat prestasi olah raga dan meningkatkan daya tarik pariwisata di wilayahnya.  Selain itu juga untuk peningkatan perekonomian bagi pelaku UMKM di Jawa Tengah,” ujarnya, Seniin (22/4/2024).

Nana menambahkan, Specta 2024 ini diselenggarakan atas dasar potensi wisata dan olahraga Jawa Tengah yang cukup besar. Oleh karenanya, untuk mengembangkan potensi itu, perlu kerja sama dari berbagai pihak, mulai dari Pemda, pemerintah pusat, stakeholder terkait, media, hingga masyarakat.

"Sebelumnya sudah ada event yang sudah mendunia seperti Borobudur Marathon yang rutin diselenggarakan setiap tahun. Lalu ada Gantole International di Telomoyo yang juga menarik peserta asing," jelas Nana.

Peluncuran Specta 2024 ini ditandai dengan permainan Mobile Legend oleh Nana Sudjana dan Sekda Jateng Sumarno.

Adapun, penyelenggaraan E-sport competition dalam rangkaian Specta 2024 dihadiri oleh 600 tim dengan total 3.600 player dari Jawa Tengah dan beberapa daerah lainnya seperti Jatim, DKI Jakarta, hingga Kalimantan.

"E-sport ini sudah menjadi olahraga yang digemari oleh anak-anak muda zaman now. Peminatnya cukup banyak. E-sport ini sudah tidak lagi nasional tetapi sudah internasional. Pertandingan event di sini akan menjadi ajang pemanasan juga, karena beberapa bulan ke depan kita akan melaksanakan PON di Aceh dan Sumut," kata Nana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper