Menhub Sebut Layanan Mudik Lebaran 2017 Berjalan Baik

Oleh: News Writer 30 Juni 2017 | 09:41 WIB

Bisnis.com, SEMARANG--c
"Evaluasi mudik secara menyeluruh, Alhamdulillah berjalan baik, memang ada beberapa yang perlu dievaluasi dan ditingkatkan," kata Menhub pada kunjungan kerja untuk mengecek kesiapan pelaksanaan arus balik lebaran di Stasiun Semarang Poncol di Semarang, Kamis.

Menurut Menhub, hal-hal terkait dengan pelaksanaan arus mudik lebaran yang perlu dievaluasi antara lain, pola dan manajemen waktu mudik yang perlu direncanakan dengan baik oleh pemudik.

Kemudian, perluasan tempat istirahat (rest area) dan areal parkir bagi pemudik di sejumlah titik agar nyaman dalam beristirahat selama perjalanan.

"Koordinasi antarjajaran (baik di tingkat nasional, maupun daerah) yang sudah ada ini perlu kita tingkatkan lagi dengan suatu komunikasi yang baik sehingga menjadi pola mudik yang bagus," ujarnya.

Menhub mengimbau para pemudik yang hendak kembali ke daerah untuk mencari nafkah, agar tetap mengutamakan keselamatan selama di perjalanan pada arus balik.

Para pemudik bersepeda motor, kata Menhub, bisa memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan pemerintah bersama instansi terkait.

"Masih ada empat kali keberangkatan mudik gratis (menggunakan kapal laut) yang kami selenggarakan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Menhub mengapresiasi koordinasi yang baik, khususnya antara Kementerian Perhubungan dengan jajaran Polri serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dalam menyiapkan pelaksanaan arus mudik sehingga dapat berjalan dengan baik.

Sumber : Antara

Editor: News Editor

Berita Terkini Lainnya