Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Festival Candi Kembar di Plaosan, Rangkaian Acara Hingga Hari Ini

Iring-iringan peserta kirab menyusuri jalan antara taman wisata candi (TWC) Prambanan hingga Candi Plaosan, Sabtu (2/9) siang. Mereka merupakan warga sembilan RW Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan.
Warga mengarak gunungan berisi hasil bumi saat digelar Festival Candi Kembar di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Sabtu (2/9).
Warga mengarak gunungan berisi hasil bumi saat digelar Festival Candi Kembar di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Sabtu (2/9).

Bisnis.com, KLATEN—Iring-iringan peserta kirab menyusuri jalan antara taman wisata candi (TWC) Prambanan hingga Candi Plaosan, Sabtu (2/9) siang. Mereka merupakan warga sembilan RW Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan.

Mengenakan beragam kostum, warga masing-masing RW membawa gunungan berisi aneka hasil bumi menuju lapangan sisi timur kawasan Candi Plaosan. Satu per satu gunungan yang dibawa lantas ditata rapi di lapangan berlatar belakang dua candi utama Plaosan yang disebut candi kembar.

Seusai sambutan dari sejumlah pejabat, warga lantas berhamburan mendatangi gunungan guna memperebutkan berbagai hasil bumi meski doa belum rampung dibacakan.

Kirab gunungan merupakan bagian acara pembukaan Festival Candi Kembar yang digelar di Desa Bugisan. Selain karnaval, para penari dari berbagai daerah tampil pada acara pembukaan tersebut. Festival Candi Kembar digelar untuk kali kedua.

Selama tiga hari yakni Jumat-Minggu (1-3/9), festival itu menampilkan beragam kesenian seperti jatilan, tari, serta pentas musik di lapangan sisi timur kawasan Candi Plaosan.

“Beberapa kegiatan di antaranya pada Jumat malam sudah digelar pergelaran wayang kulit semalam suntuk. Pada Sabtu digelar karnaval, tari, gejok lesung, serta atraksi jatilan. Sementara, pada Minggu salah satunya akan digelar festival gerobak sapi,” kata Kepala Desa Bugisan, Heru Nugroho, saat ditemui di sela pembukaan festival, Sabtu.

Festival bertujuan mengenalkan Candi Plaosan yang ada di Desa Bugisan. Heru menjelaskan belum banyak orang mengetahui pesona Candi Plaosan terutama keindahan candi-candi di tempat itu saat sore hari matahari mulai tenggelam.
“Pemandangannya sangat indah ketika pemandangan sore hari,” katanya.

Selain mengenalkan pesona Candi Plaosan, festival digelar untuk mengenalkan Bugisan sebagai desa wisata. Berbagai kesenian tradisional menjadi daya tarik desa setempat.

“Di desa kami ada kelompok-kelompok kesenian seperti jatilan, karawitan, gejok lesung, srandul, serta pring sedapur. Karena di desa kami ada Candi Plaosan, kami kreasikan dengan kesenian yang ada di desa kami,” kata Heru.

Festival serupa yang digelar tahun lalu cukup memberi dampak ke perkembangan desa wisata Bugisan. Heru menuturkan rata-rata setiap bulan kelompok kesenian di Bugisan tampil menghibur wisatawan yang datang menikmati keindahan Candi Plaosan.
“Harapan kami seperti itu, semakin banyak wisatawan yang datang ke Candi Plaosan dan memberi dampak terutama ke ekonomi warga kami,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper