Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IMBAS BANJIR, 139 Hektare Padi di Kudus Alami Puso

Seluas 139 hektare tanaman padi di sejumlah kecamatan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mengalami puso akibat terendam banjir dalam jangka waktu yang terlalu lama.
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, KUDUS—Seluas 139 hektare tanaman padi di sejumlah kecamatan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mengalami puso akibat terendam banjir dalam jangka waktu yang terlalu lama.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Catur Sulistyanto di Kudus, Selasa, mengatakan berdasarkan data hingga hari ini (20/2) lahan seluas 139 hektare tanaman padi yang puso tersebar di empat desa di dua kecamatan, yakni Desa Karangrowo (Kecamatan Undaan) serta Bulungrangkring, Bulungkulon dan Gondoharum (Kecamatan Jekulo).

Lahan puso terbanyak di Kecamatan Jekulo seluas 114 hektare, meliputi Desa Bulungcangkring seluas 56 hektare, Bulungkulon seluas 47 hektare, dan Gondoharum seluas 11 hektare, sedangkan di Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan 25 hektare.

Untuk usia tanaman, kata dia, bervariasi antara 60 hari hingga usia 85 hari.

"Tingkat ketahanan tanaman padi terhadap banjir juga berbeda-beda, karena usia tanaman yang masih muda biasanya bisa bertahan sepekan lebih, namun ketika usianya sudah tua biasanya tidak bisa bertahan lama," ujarnya.

Nilai kerugian untuk tanaman padi yang puso, katanya, jika produktivitas per hektarenya mencapai enam ton gabah kering panen, maka potensi kerugiannya berkisar Rp3,5 miliar.

Untuk areal persawahan yang terendam banjir, lanjut dia, hingga Selasa (20/2) tercatat 743 hektare tersebar di lima kecamatan, yakni Jati, Undaan, Mejobo, Jekulo, Kaliwungu, dengan luas bervariasi.

Dari kelima kecamatan tersebut, lahan sawah yang paling luas di Kecamatan Mejobo seluas 272 hektare yang tersebar di delapan desa, yakni Kesambi, Jojo, Mejobo, Payaman, Jepang, Temulus, Kirig, dan Gulang.

Di Kecamatan Jati luas lahan yang terendam 172 hektare tersebar di enam desa, yakni Tanjung Karang, Jetis Kapuan, Loram Wetan, Pasuruan Kidul, Jati Wetan, dan Loram Kulon.

Di Kecamatan Jekulo luas lahan terendam sekitar 163 hektare tersebar di Desa Bulungcangkring, Bulungkulon, dan Gondoharum, sedangkan Kecamatan Undaan hanya Desa Karangrowo dengan luas 107 hektare.

Di Kecamatan Kaliwungu areal sawah yang terendam banjir seluas 29 hektare yang tersebar di Desa Setrokalangan, Garungkidul, Prambatan Lor, dan Banget.

Kepala Bidang Tanaman dan Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Arin Nikmah menambahkan lahan tanaman padi puso setelah terendam selama sepekan lebih, sedangkan lahan tanaman padi yang statusnya terendam banjir baru terjadi selama beberapa hari.

Camat Mejobo Harso Widodo membenarkan di daerahnya tercatat sekitar 272 hektare tanaman padi yang terendam banjir.

Dari lahan seluas itu, kata dia, tercatat sekitar 36 hektare tanaman padi milik petani di Desa Payaman yang diasuransikan lewat program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP).

"Sekitar 19 hektare lahan di antaranya, sudah diajukan klaim," ujarnya.

Ia mencatat dari ratusan hektare tanaman padi yang tersebar di delapan desa yang terdampak banjir, baru di Desa Payaman yang mengikuti program AUTP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper