Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapal Kendhaga Nusantara 6 Berkapasitas 100 Teus Resmi Melaut

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan kapal Kendhaga Nusantara 6 berkapasitas 100 Teus guna mendukung implementasi program tol laut.
Kendhaga Nusantara 6.
Kendhaga Nusantara 6.

Bisnis.com, SEMARANG - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan kapal Kendhaga Nusantara 6 berkapasitas 100 Teus guna mendukung implementasi program tol laut.

Direktur Perkapalan dan Kelautan Kementrian Perhubunga Junaidi menuturkan, Kendhaga Nusantara 6 merupakan kapal ke 9 yang resmi diluncurkan oleh Kemenhub untuk menjangkau 24 pelabuhan seluruh Indonesia.

"Kendhaga 9 resmi kami luncurkan untuk melengkapi armada tol laut yang berjumlah 15 kapal yang mempunyai kapasitas 100 TeUS. Namun, baru sembilan yang diluncurkan sedangkan 6 kapal masih dalam tahap penyelesaian di Kabupaten Bojonegoro dan Kota Lamongan," ucap Junaidi saat menghadiri peluncuran kapal Kendhaga Nusantara 6 di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Jumat (2/3/2018).

Diketahui tahun ini Kemenhub akan meluncurkan 75 kapal baru dengan rincian kapal perintis 55 unit, kapal ternak 5 unit, dan kapal logistik kapasitas 100 Teus 15 unit.

Kapal tersebut nantinya akan mengangkut logistik dalam jumlah besar terutama ke Kawasan Timur Indoesia (KTI). Karena saat ini KTI memang menjadi prioritas pemerintah dalam pembangunan maupun transportasi logistik melalui laut.

"Program tol laut yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo nampaknya, akan segera terwujud dan masalah transportasi maupun pengiriman barang melalui jalur laut akan berjalan dengan lancar," tambahnya.

Kemenhub juga memberikan instruksi kepada setiap pelabuhan untuk melakukan perbaikan dermaga, maupun beberapa fasilitas penunjang untuk mensukseskan program tol laut. Diharapkan dengan adanya kapal kontainer dapat membantu distribusi logistik nasional.

Selain itu, beberapa pelabuhan yang jarang dikunjungi oleh kapal besar diharapkan segera berbenah. Karena pada akhir April nanti seluruh kapal yang telah dibuat sejak 2015 akan dioperasikan secara bersamaan.

"Akhir April nanti Menteri Perhubungan akan meluncurkan secara serentak 15 kapal logistik kapasitas 100 Teus. Diharapkan disparitas harga antar wilayah menjadi kecil gapnya. Sebab, saat ini perbedaan harga di kawasan barat dan timur Indonesia amat tinggi," ujarnya.

Lebih lanjut Junaidi berharap, agar kapal Kendhaga Nusantara 6 dapat berguna dan membantu transportasi logistik supaya berjalan lebih lancar.

Sementara itu, Direktur Utama PT Janata Marina Indah Joeswanto mengatakan, kapal Kendhaga Nusantara 6 merupakan satu dari empat buah kapal yang dipesan oleh Kemenhub. Sedangkan, untuk pembuatan 4 kapal tersebut memakan waktu sampai 23 bulan.

"Kami dapat menyelesaikan 4 kapal sekaligus dalam waktu 23 bulan termasuk Kendhaga Nusantara 6. Dalam waktu 10 hari kedepan nanti PT Janata Marina Indah juga akan meluncurkan kapal cargo Sabuk Nusantara 92," tuturnya.

Joeswanto mengatakan, biaya pembuatan keempat kapal yang dipesan oleh Kemenhub mencapai Rp320 miliar. Dia juga mengapresiasi program tol laut. Sebab, jika program tol laut terus berjalan pembuatan kapal akan semakin banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper