Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TRANSPARANSI RETRIBUSI , 30 Pasar di Yogyakarta Terapkan QR Code

Lima dari 30 pasar tradisional di Kota Yogyakarta mulai menerapkan quick response code untuk mencatat pembayaran retribusi dari pedagang sebagai bentuk akuntabilitas dan transparansi penerimaan retribusi.
Ilustrasi./Wikimedia Common
Ilustrasi./Wikimedia Common

Bisnis.com, YOGYAKARTA – Lima dari 30 pasar tradisional di Kota Yogyakarta mulai menerapkan "quick response code" untuk mencatat pembayaran retribusi dari pedagang sebagai bentuk akuntabilitas dan transparansi penerimaan retribusi.

"Tujuan penggunaan quick response code (QR code) adalah untuk mempercepat sekaligus mengurangi kesalahan administrasi pencatatan retribusi jika dibanding dengan sistem pemungutan secara manual," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta Maryustion Tonang di Yogyakarta, Rabu (11/7/2018).

Peluncuran penggunaan "QR code" untuk pemungutan dan pencatatan retribusi pedagang pasar tradisional dilakukan di Pasar Gedong Kuning yang memiliki 189 pedagang.

Selain di pasar tersebut, penerapan penggunaan QR code saat pembayaran retribusi juga dilakukan di Pasar Ngasem yang memiliki 355 pedagang, Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta dengan 408 pedagang, Pasar Talok dengan 135 pedagang dan Pasar Karangwaru yang memiliki 122 pedagang.

Petugas akan mendatangi pedagang dan memindai "QR code" yang ada di setiap buku retribusi milik pedagang melalui telepon selular.

Setelah dipindai, akan diketahui jumlah retribusi yang harus dibayarkan oleh pedagang dan petugas bisa langung mencatatkan hasil pungutan retribusi secara langsung.

Sedangkan pedagang akan memperoleh bukti pembayaran berupa nota yang wajib disimpan. Di kelima pasar tradisional tersebut juga dipasang monitor yang menampilkan data pedagang.

"Pedagang bisa melihat apakah mereka sudah membayar retribusi atau belum. Ini juga untuk memotivasi pedagang agar tertib dalam membayar retribusi," katanya.

Maryustion menyebutkan pencatatan pembayaran retribusi dengan memanfaatkan "QR code" akan terus dikembangkan dan pada 2019 akan ditambah di enam pasar tradisional lain yang masih melakukan pemungutan dan pencatatan retribusi secara manual.

Selain menggunakan "QR code", sebagian pedagang di Pasar Beringharjo sisi barat bahkan sudah memanfaatkan pembayaran retribusi nontunai dengan uang elektronik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper