Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sejumlah Lahan Pertanian di Jateng Puso

Kekeringan yang melanda sebagian wilayah di Jawa Tengah telah menyebabkan setidaknya 130,5 hektare (ha) lahan padi mengalami puso.
Lucky Leonard
Lucky Leonard - Bisnis.com 27 Agustus 2018  |  17:30 WIB
Ilustrasi - JIBI
Ilustrasi - JIBI

Bisnis.com, SEMARANG -- Kekeringan yang melanda sebagian wilayah di Jawa Tengah telah menyebabkan setidaknya 130,5 hektare (ha) lahan padi mengalami puso.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah Yuni Astuti mengungkapkan total lahan padi yang terdampak kekeringan mencapai 4.201,5 ha. seluas 130,5 ha di antaranya puso.

"Padi terkena 4.201,5 ha include puso 130,5 ha antara lain di Kendal, Demak, Brebes, Pemalang, dan Pekalongan," katanya kepada Bisnis, Senin (27/8/2018).

Selain padi, tanaman pangan lain yang terdampak kekeringan antara lain jagung dan kedelain. Namun, lahan puso keduanya tidak sebanyak lahan padi.

Untuk jagung, hanya 32 ha yang terdampak kekeringan di wilayah Purworejo dan Banjarnegara. Sebanyak 16 ha di antaranya puso.

Untuk kedelai, luas lahan yang termpak kekeringan mencapai 594 ha di Grobogan dan Cilacap. "Belum ada puso," tuturnya.

Secara nasional, kekeringan terbesar terjadi pada Mei hingga Juli 2018 dengan luas mencapai 87.827 ha dan 22.153 ha di antaranya puso. Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi provinsi yang paling terdampak kekeringan.

Namun, persentase puso di Pulau Jawa hanya mencapai 1,42% dan di luar Jawa 0,19%, sehingga secara nasional lahan sawah terkena puso hanya 0,69%. Dampak puso masih sangat kecil dibanding dengan luas tanam yang ada, sehingga diyakini tidak akan mengganggu produksi nasional.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

puso
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top