Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Terkoordinasi, Pembangunan Jembatan Tuntang Timbulkan Kemacetan

Perbaikan jembatan Sungai Tuntang di Desa Kalikondang, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak dinilai tak dipersiapkan dengan matang. Pasalnya, perbaikan jembatan yang berada di jalur pantura tersebut memicu kemacetan di mana-mana.

Bisnis.com, SEMARANG - Perbaikan jembatan Sungai Tuntang di Desa Kalikondang, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak dinilai tak dipersiapkan dengan matang. Pasalnya, perbaikan jembatan yang berada di jalur pantura tersebut memicu kemacetan di mana-mana.

Anggota Komisi D DPRD Jawa Tengah Ida Nursa’adah mengatakan, sebelum dilakukan perbaikan, semestinya disiapkan jembatan darurat untuk kelancaran arus lalu-lintas.

"Karena selama ini di luar harus melintas jalur alternatif, tidak ada jembatan yang layak untuk menampung arus lalu-lintas yang sedemikian padat dan penuh kendaraan berat di jalur pantura,” katanya Kamis (13/9/2018).

Ida menambahkan, selama ini langkah yang diambil adalah mengalihkan arus lalu-lintas ke jalur alternatif. Salah satunya melintas di jalur Dempet-Gubug-Semarang.

“Tapi jalur ini akhirnya juga menjadi macet, karena jalan tidak cukup lebar sementara, apalagi jika ada kendaraan-kendaraan besar yang ikut melintas di jalur alternatif ini. Karena di jalur alternatif ini juga banyak tempat-tempat industri yang cukup besar, yakni sepanjang jalur Gubug hingga Mranggen," jelasnya.

Ida meminta ada petugas yang selalu siap di jalur-jalur alternatif, baik dari kepolisian, maupun Dinas Perhubungan.

"Apalagi sosialisasi jalur alternatif juga saya rasa kurang, begitu pula rambu-rambu pengalihan arus. Jangan sampai jalur pantura macet parah, dan jalur alternatif juga sama-sama macet," katanya 

Dia menambahkan, pelayanan maksimal harus diberikan kepada para pengguna jalan. Apalagi jalur pantura merupakan jalur yang menjadi arus ekonomi masyarakat.

“Jangan sampai berdampak besar pada arus perekonomian masyarakat akibat kemacetan ini,” tegasnya.

Seperti diketahui, perbaikan jembatan di Kalikondang dilakukan sejak 7 September 2018 lalu. Perbaikan dilakukan untuk mengganti plat jembatan atau besi penyangga di bagian bawah.

Akibat proyek tersebut, harus dilakukan pembongkaran sekitar 6x9 meter badan jembatan. Karena plat tersebut sudah rapuh dan dapat merusak aspal atau beton. Proses perbaikan membutuhkan waktu hingga akhir September.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper