Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Jateng Beri Penghargaan 3 OPD dan 5 Pemkab

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyerahkan penghargaan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Pemerintah Kabupaten/kota, Rabu (24/10/2018) di Hotel Alana Kabupaten Karanganyar.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menyerahkan penghargaan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menyerahkan penghargaan

Bisnis.com, KARANGANYAR - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyerahkan penghargaan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Pemerintah Kabupaten/kota, Rabu (24/10/2018) di Hotel Alana Kabupaten Karanganyar.

Penghargaan diserahkan berdasarkan penerapan sistem akuntabilitas kinerja dan penyelesaian tindak lanjut dari pengawas.

Untuk penerapan sistem akuntabilitas kinerja, terdapat tiga OPD yang menerima penghargaan. Yakni Dinas Ketahanan Pangan, RSUD Dr Moewardi, RSUD Dr Margono. Tiga OPD itu dinilai cukup tanggap dengan aduan masyarakat serta tingkat penyelesaiannya tinggi. 

Sementara itu, untuk kategori penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan aparat pengawas internal Pemprov Jateng Kabupaten Boyolali, Kota Surakarta, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Jepara dan Kota Magelang jadi yang terbaik. Penghargaan diserahkan langsung oleh gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan dihadiri Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, kepala OPD Jateng, bupati dan walikota se Jateng.

"Kita ingin memberikan reward kepada mereka yang telah memperbaiki sistem. Jadi tindak lanjut dari pemeriksaan betul-betul dilakukan. Dan tadi menunjukkan PR yang banyak pun, yang belum selesai pun kita buka. Itu cara kita transparan," kata Ganjar dalam keterangan resminya.

Seperti yang dikatakan Ganjar, memang beberapa OPD dan Pemerintah Kabupaten catatan negatifnya cukup besar, dan oleh inspektorat OPD dan Pemkab tersebut sengaja ditampilkan.

Untuk OPD yang PR nya paling banyak belum terselesaikan adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Sementara untuk Pemkab, Brebes jadi daerah yang perlu perhatian serius. 

"Bukan ingin mempermalukan, tapi mengingatkan bahwa Pemprov sangat terbuka dan sangat transparan. BPKP dan KPK kita minta untuk memberikan penguatan. Apa yang mesti dilakukan, sistem apa yang mesti diperbaiki. Agar prestasi kita makin baik pemerintah makin berisi dan korupsi bisa dicegah," katanya. 

Ganjar berharap penghargaan tersebut menjadi stimulan OPD dan Pemkab atau pun Pemkot untuk semakin terbuka sekaligus melayani. Dua poin yang selalu disampaikan Ganjar itu merupakan jurus ampuh untuk mencegah tindak koruptif di Pemerintah.

Dia lalu memberi penggambaran, tindakan korupsi itu bisa dimitigasi layaknya bencana, maka antisipasinya pun bisa dilakukan.

"Kalau bapak dan ibu bisa memitigasi titik-titik atau potensi bencana (korupsi) maka sistemnya diperbaiki. Nyontoh saja yang pernah ada. Umpama, e-planning dan e-budgeting siapa yang punya? Surabaya. Meski Surabaya terlalu maju Infrastrukturnya sangat support sementara yang lain belum, minimal diarahkan ke sana," ujarnya.

Untuk pengelolaan gratifikasi, kata Ganjar, yang paling se Indonesia baik Jawa Tengah. Maka dia membocorkan jurusnya. Ada dua cara, satu kelola dengan baik, kedua berani bersikap, tolak atau laporkan. 

Sementara itu Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan saat ini fokus KPK terhadap pencegahan korupsi memang cukup besar. Maka dirinya menggandeng banyak pihak agar sama-sama mengamini untuk menciptakan masyarakat antikorupsi.

"Saat ini untuk pencegahan korupsi, Indonesia menempati posisi ke 96 dari 177 negara. Mudah-mudahan tahun 2019 bisa mencapai peringkat 45. Tapi itu tidak bisa dilakukan jika hanya dilakukan KPK. Tapi seluruh warga negara Indonesia," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper