Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Angka Kecelakaan Kerja di Jateng Turun 48%

Angka kecelakaan kerja di Jawa Tengah mengalami penurunan cukup signifikan di tahun 2018.
Pekerja membersihkan kaca gedung bertingkat di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (16/1)./JIBI-Paulus Tandi Bone
Pekerja membersihkan kaca gedung bertingkat di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (16/1)./JIBI-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, SEMARANG – Angka kecelakaan kerja di Jawa Tengah mengalami penurunan cukup signifikan di tahun 2018. Disnakertrans Jateng mencatat kecelakaan kerja pada 2018 sebanyak 1.468 kejadian turun 48% dari tahun 2017 yang sebanyak 3.083 kecelakaan kerja.

Kepala Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah, Wika Bintang mengatakan, angka kecelakaan kerja di Jateng turun cukup signifikan.

"Meski demikian, penurunan ini tidak berarti kita berpuas diri, karena kemandirian masyarakat Indonesia berbudaya K3 di tahun 2020 yang dicanangkan pemerintah pusat masih memerlukan kerja keras. Peran aktif dan kerja kolektif dari semua elemen diperlukan untuk mewujudkan cita-cita itu," kata Wika Selasa (29/1/2019).

Penurunan angka kecelakaan kerja tersebut lanjut dia terjadi karena kesadaran masyarakat tentang K3 sudah mulai diperhatikan. Dunia kerja saat ini sedang berlomba menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat dan sejahtera serta terbebas dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

"Budaya K3 akan terus kami gerakkan baik kepada para pekerja, asosiasi buruh, pengusaha, manajemen perusahaan dan masyarakat. Semua harus terlibat dan bertanggungjawab untuk mendorong terwujudnya budaya K3 ini," terangnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta semua elemen untuk peduli dalam upaya menekan angka kecelakaan kerja. Tidak hanya para pekerja sendiri, asosiasi buruh dan pekerja, pengusaha, manajemen perusahaan dan masyarakat juga harus ikut bergerak untuk melakukan sosialisasi pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

"Saya meminta semua elemen dunia kerja makin sadar dan berbudaya K3. Semua harus gencar melakukan sosialisasi, memberikan pelatihan dan pengusaha melengkapi peralatan sehingga para pekerja terhindar dari cidera, meninggal atau terjangkit penyakit berbahaya," tuturnya.

Dengan budaya K3 lanjut Ganjar maka dunia kerja akan berlangsung aman, nyaman dan produktif. Semua sistem harus berjalan dengan baik, terlatih dan memahami budaya K3.

"Tentu seandainya masih terjadi kecelakaan kerja, ada BPJS Ketenagakerjaan yang mem-backup. Namun sebisa mungkin hal itu tidak terjadi," tambahnya.

Ketika ditanya mengenai tentang mayoritas tenaga kerja di Indonesia adalah lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sehingga sulit menerapkan kesadaran budaya K3, Ganjar mengatakan hal itu bisa diantisipasi.

"Meski banyak yang SMP, namun harus terus update pengetahuan mereka tentang keselamatan kerja ini. Tentunya, sosialisasi adalah hal utama untuk menumbuhkan kesadaran keselamatan kerja menjadi budaya."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper