Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bulog Operasionalkan 2 Gudang Baru di Jateng 

Untuk menjaga ketahanan pangan, Bulog mengoperasikan dua gudang baru di Jawa Tengah.
Direktur Utama Perum BULOG, Budi Waseso saat meresmikan gudang Bulog di Pati Jawa Tengah (ist)9
Direktur Utama Perum BULOG, Budi Waseso saat meresmikan gudang Bulog di Pati Jawa Tengah (ist)9

Bisnis.com, PATI - Perum Bulog menambah operasional dua gudang baru di wilayah Jawa Tengah.

Gudang yang pertama berada di kompleks pergudangan Bumirejo, Kabupaten Pati, dan gudang kedua berada di komplek Pergudangan Klahang, Sokaraja, Kabupaten Banyumas.

Peresmian kedua gudang baru tersebut dilakukan secara bersamaan oleh Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso di Kabupaten Pati, Senin (4/3/2019).

Gudang Bulog di Bumirejo, Kabupaten Pati, merupakan perluasan dari gudang sebelumnya yang menempati area seluas 1,5 hektare, dengan total kapasitas mencapai 5.500 ton.

Gudang sebelumnya berkapasitas 3.500 ton dan bangunan baru di sampingnya berkapasitas 2.000 ton.

Dalam area tersebut juga terdapat unit pengolahan, kantor gudang, laboratorium pemeriksaan kualitas, rumah dinas, musala, toilet umum, dan pos jaga.

Dalam pembangunannya, gudang baru ini menghabiskan anggaran sebesar Rp4,9 miliar, dengan waktu pengerjaan selama 6 bulan.

Adapun gudang Bulog di Klahang, Sokaraja, Kabupaten Banyumas memiliki kapasitas 3.500 ton. Gudang dengan lebar 30 meter, panjang 54 meter, serta tinggi 7 meter tersebut diprioritaskan untuk menampung komoditas kedelai.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) mengatakan keberadaan gudang baru tersebut sejalan dengan komitmen Bulog dalam menjaga ketahanan pangan nasional. Hal ini dipertegas dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2016 tentang Penugasan kepada Perusahaan Umum (Perum) Bulog dalam Rangka Ketahanan Pangan Nasional.

"Kedua gudang baru ini juga telah mempertimbangkan aspek strategis dan ekonomis. Lokasi kompleks gudang yang dekat dengan lahan persawahan petani serta akses jalan, membuatnya makin mudah dijangkau oleh masyarakat" kata Buwas.

Menurut Buwas, penambahan gudang baru ini sangat penting untuk menjaga ketersediaan, keterjangkauan dan stabilisasi pangan. Hal tersebut sekaligus sebagai langkah antisipasi, mengingat kedua wilayah tersebut merupakan pusat produksi beras maupun kedelai terbesar di antara kabupaten yang berada di sekelilingnya.

"Gudang baru ini juga sejalan dengan komitmen, dimana untuk menjaga ketersediaan pangan dan stabilisasi harga pangan pada tingkat konsumen serta produsen, Perum Bulog harus dilengkapi dengan ketersediaan maupun pengembangan infrastruktur pascapanen, terutama padi, jagung dan kedelai (pajale)," ungkap Buwas.

Dijelaskan Buwas, Kabupaten Pati merupakan pusat produksi beras paling luas dibanding kabupaten lain di wilayah Eks-Karesidenan Pati, yang meliputi Jepara, Kudus, Rembang, dan Blora. Begitu pula Kabupaten Banyumas menjadi salah satu sentra penyuplai kedelai terbesar di antara kabupaten lain di sekelilingnya.

"Saat musim panen berlangsung, gudang baru ini sudah dapat dimanfaatkan untuk menampung serapan pengadaan beras maupun kedelai secara maksimal," jelas Buwas.

Sementara itu, khusus untuk pengadaan beras, tahun ini Bulog telah menetapkan target serapan sebanyak 1,8 juta ton di seluruh Indonesia. Dengan adanya gudang baru, setidaknya sudah ada antisipasi lokasi penampungan, sehingga serapan pengadaan setara beras secara maksimal dapat dilakukan. 

"Jika melihat potensi panenan pada tahun ini, di seluruh wilayah kerja Bulog diprediksi penyerapan pengadaannya akan mencapai rata-rata maksimal," kata Buwas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper