Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Merti Malioboro Kuatkan Komitmen Nyaman, Aman, Kondusif

Merti Malioboro menguatkan komitmen untuk bersama-sama menjaga tujuan wisata utama di Yogyakarta tersebut sebagai kawasan yang tetap nyaman, aman, dan kondusif.
Wisatawan memadati kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta./Antara-Andreas Fitri Atmoko
Wisatawan memadati kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta./Antara-Andreas Fitri Atmoko

Bisnis.com, YOGYAKARTA – Forum Lintas Komunitas Malioboro melalui Merti Malioboro menguatkan komitmen untuk bersama-sama menjaga tujuan wisata utama di Yogyakarta tersebut sebagai kawasan yang tetap nyaman, aman, dan kondusif.

“Merti bermakna bersyukur. Harapannya, melalui kegiatan ini, Malioboro akan menjadi lebih baik, tertata. Pada prinsipnya pun, kami selalu mendukung program pemerintah untuk penataan. Yang penting, kami tetap menjadi bagian dari Malioboro,” kata Ketua Forum Lintas Komunitas Malioboro Edy Susanto di Yogyakarta, Selasa (12/3/2019).

Dalam kegiatan tersebut, komunitas yang ada di Malioboro masing-masing membawa setidaknya satu buah tumpeng. Seluruh anggota komunitas pun kompak mengenakan busana tradisional Yogyakarta saat mengikuti Merti Malioboro.

Salah satu pedagang kaki lima (PKL) di Malioboro yang mengikuti kegiatan tersebut, Suparno Seto mengatakan, tumpeng memiliki makna filosofis yang cukup dalam dan bisa menjadi gambaran kondisi di Malioboro.

“Tumpeng terbuat dari nasi. Jika hanya ada satu butir, maka tidak akan kuat. Tetapi karena disatukan bersama-sama menjadi kuat,” ucapnya.

Begitu pula dengan dengan berbagai sayuran dan lauk pauk yang selalu menyertai tumpeng juga menjadi gambaran akan beragamnya komunitas yang ada di Malioboro.

“Ada banyak komunitas dengan beragam latar berlakang. Semuanya bersatu dan bersama-sama berkomitmen menjaga kondisi Malioboro agar tetap nyaman, aman dan kondusif. Apalagi saat ini tahun politik. Harapannya, seluruh komunitas bisa saling menghargai dan menjaga agar Malioboro tetap kondusif,” ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti yang hadir dalam kegiatan tersebut berharap agar kegiatan Merti Malioboro bisa diagendakan secara rutin setiap tahun sekali.

“Malioboro harus dijaga, harus dirawat. Apalagi, kawasan ini terus ditata. Seluruh komunitas menjaga kerukunan, menjaga persaudaraan, kebersihan, ketertiban dan keamanan. Saya bersyukur, komunitas memiliki inisiatif seperti ini,” katanya.

Dia pun mengapresiasi kegiatan tersebut karena seluruh biaya merupakan swadaya dari komunitas di Malioboro, bahkan Pemerintah Kota Yogyakarta sama sekali tidak mengeluarkan dana sepeser pun. “Justru saya ikut makan di sini,” kata Haryadi.

Setelah didoakan, sekitar 80 tumpeng yang dibawa komunitas kemudian dibagi-bagikan kembali ke komunitas atau ke wisatawan yang sedang berkunjung ke Malioboro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper