Kejar Pertumbuhan 7%, Ini Resep Bank Indonesia untuk Jateng

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mencanangkan pertumbuhan ekonomi 7% pada 2020. Untuk mencapai hal tersebut, Bank Indonesia menyarankan agar pemprov mendorong investasi di kawasan industri.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 18 Juli 2019  |  19:52 WIB
Kejar Pertumbuhan 7%, Ini Resep Bank Indonesia untuk Jateng
Simpang Lima Semarang. Ilustrasi. - Simpanglima.wordpress

Bisnis.com, SEMARANG—Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mencanangkan pertumbuhan ekonomi 7% pada 2020. Untuk mencapai hal tersebut, Bank Indonesia menyarankan agar pemprov mendorong investasi di kawasan industri.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Jawa Tengah Soekowardojo menyampaikan, pihaknya tentu mendukung penuh upaya pemerintah daerah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Salah satunya melalui gelaran olah raga dan pameran.

Dalam beberapa diskusi dengan pemda, BI Jateng juga mengusulkan adanya pengembangan kawasan industri. Dengan demikian, target pertumbuhan ekonomi sebesar 7% pada 2020 dapat tercapai.

Menurut Suko, panggilan akrabnya, dua industri yang dapat didorong implementasinya adalah manufaktur baja dan kimia. Baja merupakan mother of industry atau backbone, karena hampir seluruh industri membutuhkan baja.

“Industri baja sangat penting keberadaannya untuk menunjang industri lain,” ujarnya kepada Bisnis di sela acara pembukaan Asean Schools Games (ASG) 2019 di Semarang, Kamis (18/7/2019).

Adapun, sektor kimia berperan mendukung kebutuhan bahan baku industri tekstil, yang sebelumnya sudah bertumbuh pesat di Jateng. Di sisi lain, pemda juga dapat mengembangkan industri turisme, karena potensinya yang besar.

Di samping mendukung pertumbuhan ekonomi, BI Jateng juga bertugas menjaga tingkat inflasi, melalui Tim Pengendali Investasi Daerah (TPID). Tim ini berkolaborasi dengan pemda untuk mengendalikan harga komoditas pokok.

“Dalam hal ini, kita berkolaborasi dengan pemda. Seluruh stake holder wajib paham mengenaik inflasi agar dapat mengendalikan harga,” imbuhnya.

Bahkan, dalam 3 tahun berturut-turut, yakni pada 2015—2017, TPID Jateng mendapatkan peringkat terbaik dibandingkan provinsi lainnya se-Jawa Bali. Diharapkan TPID Jateng kembali menjadi yang terbaik pada periode 2018.

“Pengumumannya [TPID terbaik 2018] baru nanti, semoga kita bisa menang lagi,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bank indonesia, jateng

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top