Pantai Baron Dilengkapi CCTV untuk Pengamanan Pengunjung

SAR Satlinmas DIY Wilayah II Baron kini punya kamera CCTV untuk mempermudah pengawasan di kawasan pantai Baron, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari.
David Kurniawan
David Kurniawan - Bisnis.com 26 Agustus 2019  |  17:31 WIB
Pantai Baron Dilengkapi CCTV untuk Pengamanan Pengunjung
Puluhan perahu nelayan yang berjajar di pinggir Pantai Baron, Gunungkidul, Rabu (16/1/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Bisnis.com, GUNUNGKIDUL — SAR Satlinmas DIY Wilayah II Baron kini punya kamera CCTV untuk mempermudah pengawasan di kawasan pantai Baron, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul.

Koordinator SAR Satlinmas DIY Wilayah II Baron Marjono mengatakan ada tiga CCTV yang dipasang di posko SAR Baron beberapa waktu lalu. “Sudah dipasang dan sekarang sudah berfungsi,” kata Marjono, Senin (26/8/2019).

Menurut dia, CCTV memberikan banyak manfaat. Selain bisa digunakan untuk memantau ketinggian gelombang, alat ini juga membantu mengawasi kapal-kapal yang ditambatkan di bibir pantai maupun pengunjung yang bermain air di kawasan pantai. “Sangat bermanfaat karena bisa dilihat secara online,” tuturnya.

SAR Satlinmas DIY Wilayah II Baron membeli dua kamera. Sedangkan satu kamera lain adalah bantuan dari BPPT di Baron Tekno Park. SAR harus membeli dua kamera secara swadaya karena usulan ke pemeritah belum direalisasikan. “Kami sudah lama mengajukan, tapi belum juga ada pengadaan,” ujar dia.

Dia pun mengharapkan CCTV bisa dipasang di posko SAR lainnya sehingga memudahkan pemantauan dan pengawasan. Sekretaris SAR DIY Wilayah II Baron, Surisdiyanto menuturkan, alat bantu ini tidak mengurangi tugas dari petugas maupun sukarelawan SAR.

Pengawasan dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari pemantauan dari posko hingga pemasangan papan peringatan di area berbahaya. Selain itu, SAR juga menerjunkan personel untuk berbaur dengan wisatawan yang bermain air di pantai. “Kalau ada wisatawan yang berada di area bahaya akan kami peringatkan melalui pengeras suara ataupun secara langsung,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gunungkidul, pantai

Editor : Sutarno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top