Fasilitas Pengisian Kendaraan Listrik Disiapkan di Solo

Akhir tahun ini atau setidaknya awal tahun depan, pihaknya akan melakukan pemasangan fasilitas isi daya kendaraan listrik.
Bayu Jatmiko Adi
Bayu Jatmiko Adi - Bisnis.com 26 Agustus 2019  |  08:59 WIB
Fasilitas Pengisian Kendaraan Listrik Disiapkan di Solo
Pekerja menata sepeda listrik Migo. - Antara/Dhemas Reviyanto

Bisnis.com, SOLO – Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus mendukung penggunaan kendaraan listrik. Setelah adanya diskon khusus tambah daya bagi pemilik kendaraan listrik, ke depan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Solo pun akan menyiapkan fasilitas isi daya kendaraan listrik yang tersebar di beberapa lokasi di Kota Solo dan sekitarnya.

Manajer UP3 PLN Solo, Mundhakir, mengatakan pada akhir tahun ini atau setidaknya awal tahun depan, pihaknya akan melakukan pemasangan fasilitas isi daya kendaraan listrik.

"Sudah kami persiapkan. Lokasinya nanti di Kota [Solo] dan di daerah sekitarnya. Kami akan melihat animo masyarakat nanti seperti apa. Namun yang jelas nanti di pusat-pusat keramaian masyarakat. Seperti di Manahan di sekitar kantor [PLN] sudah ada," kata dia saat ditemui JIBI di acara peluncuran Program Promo Gebyar Kemerdekaan 2019 di Car Free Day (CFD) Solo, Minggu (25/8/2019).

Menurut Mundhakir fasilitas tersebut dibuat untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat yang kini telah menggunakan kendaraan listrik. Menurutnya dalam rencana pembuatan fasilitas tersebut, sementara akan disiapkan di 15 lokasi baru.

"Kemungkinan nanti mulai dari sekitar kampus UMS [Universitas Muhammadiyah Surakarta], wilayah Solo Baru, di area Jl. Slamet Riyadi, wilayah Pasar Kliwon dan sebagainya.

Dia menilai saat ini kendaraan listrik sudah banyak dimanfaatkan masyarakat Solo. Misalnya saja untuk sepeda listrik atau motor listrik. Pada kegiatan di CFD tersebut, juga dipamerkan produk kendaraan listrik. Menurut Mundhakir melalui acara itu diharapkan masyarakat juga bisa lebih mengenal produk kendaraan listrik yang sudah ada pasaran.

Selain itu dia juga mengatakan saat ini program promo tambah daya untuk pemilik kendaraan listrik masih berlaku. Diskon 75% diberikan bagi pelanggan pemilik kompor listrik atau motor listrik yang ingin tambah daya. Sedangkan pelanggan pemilik mobil listrik yang ingin menambah daya listrik akan mendapat diskon 100% atau gratis. Untuk diskon 75% dan 100% pelaku hingga 31 Desember 2019.

Kendaraan listrik yang digarap PT Prosan Alam Hijau dan Solo Techno Park (STP), yang dipamerkan di CFD tersebut bernama Aglis. Kendaraan itu berupa kendaraan roda tiga, dengan konsep tertutup seperti mobil. Aglis merupakan motor listrik bertegangan 60 volt berdaya 1000 watt.

Aldrian Surya Hadi, selaku perwakilan PT Prosan Alam Hijau, mengatakan kendaraan tersebut produksi Tiongkok, namun untuk perakitannya sudah dilakukan di STP. "Untuk pengisian daya bisa dilakuakan selama Lima hingga tujuh jam saja," kata dia. Kendaraan tersebut dijual Rp45 juta. Disebutkan, kendaraan bisa menempuh perjalanan hingga 50 km.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Kendaraan Listrik

Sumber : JIBI/Solopos

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top