Pelanggan Telkomsel Jateng-DIY Tumbuh 15%

PT Telekomunikasi Selular atau Telkomsel menargetkan jumlah pelanggan di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta mencapai 20 juta pengguna sampai akhir 2019.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 04 September 2019  |  17:44 WIB
Pelanggan Telkomsel Jateng-DIY Tumbuh 15%
Pengguna Telkomsel

Bisnis.com, SEMARANG—PT Telekomunikasi Selular atau Telkomsel menargetkan jumlah pelanggan di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta mencapai 20 juta pengguna sampai akhir 2019.

General Manager Consumer Sales Region Telkomsel Jateng & DIY Riki Agus Setiawan mengatakan, perkembangan jumlah pelanggan di Jateng dan Yogyakarta cukup memuaskan. Hingga awal September 2019, pertumbuhan mencapai 15% dengan jumlah sekitar 19 juta pelanggan.

“Perkembangan tahun ini positif, mudah-mudahan bisa mencapai 20 juta pelanggan tahun ini,” tuturnya kepada Bisnis, di sela peringatan Hari Pelanggan Nasional, Rabu (4/9/2019).

Peningkatan jumlah pelanggan berjalan seiring dengan maraknya pembangunan dan bisnis di Jateng dan Yogyakarta. Selain kuantitas, Average Revenue Per User (ARPU) juga cenderung bertumbuh.

ARPU adalah ukuran untuk mengetahui jumlah rata-rata pendapatan yang diperoleh perusahaan telekomunikasi dari konsumen. Menurut Riki, ARPU wilayah Jateng dan Yogyakarta terbilang rendah secara nasional, tetapi pertumbuhannya tinggi.

“Jateng dan DIY terbilang hemat dalam menggunakan pulsa. Namun, artinya peluang [penambahan ARPU] akan terbuka seiring dengan pembangunan,” imbuhnya.

Telkomsel juga diuntungkan potensi pariwisata Jateng dan DIY, dimana banyak pelancong yang menginginkan jaringan stabil. Pasalnya, mereka kerap mengunduh kegiatannya di media sosial, sehingga membutuhkan sinyal dan data.

Di Kepulauan Karimun Jawa, Jepara, misalnya, walaupun fasilitas umum belum terlalu berkembang, Telkomsel sudah mengembangkan dua site untuk memudahkan layanan kepada pelanggan. Dalam beberapa tahun terakhir, Pulau Karimun mulai banyak dikunjungi turis bahkan dari mancanegara.

Menurut Riki, kepuasan pelanggan selalu menjadi prioritas dan bagian terpenting bagi Telkomsel. Saat ini, pelanggan dapat menikmati layanan internet melalui jaringan 4G Telkomsel dengan cakupan terluas yang mencapai sekitar 95% wilayah populasi di Indonesia.

Telkomsel membagi pelanggannya ke dalam 4 kelas, yakni brown, silver, diamond, dan platinum. Kategorisasi tersebut berdasarkan pemakaian ARPU dan berapa lama sudah menjadi pelanggan Telkomsel.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
telkomsel, jateng

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top