Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Klaten Bangun Pasar Pusat Hasil Tani pada 2020

Pemerintah Kabupaten Klaten gencar mengembangkan sektor pertanian dan akan membangun pasar hasil tani di Kecamatan Delanggu pada 2020.
Ilustrasi transaksi di pasar./Antara
Ilustrasi transaksi di pasar./Antara

Bisnis.com, KLATEN — Pemerintah Kabupaten Klaten gencar mengembangkan sektor pertanian. Untuk memberi kepastian dari sisi permintaan, Pemkab akan membangun pasar hasil tani di Kecamatan Delanggu pada 2020.

Bupati Klaten Sri Mulyani menyampaikan pihaknya akan membangun pasar pusat hasil pertanian Klaten di Kec. Delanggu pada tahun depan. Dalam prasarana tersebut, sejumlah hasil tanaman yang diperjualbelikan ialah beras, kedelai, jagung.

Adanya pasar terpusat itu memberikan jaminan sisi permintaan bagi petani, sehingga dapat meningkatkan volume produksi. Di sisi lain, hal itu mengukuhkan posisi Klaten sebagai lumbung pangan Jawa Tengah, dan juga nasional.

“Pasar itu akan menjadi pusat penjualan hasil tani dari Klaten, sehingga sisi permintaan terjaga,” ujarnya, Selasa (22/10/2019).

Klaten pun akan berfokus mengembangkan dua varietas padi premium, yakni Rojolele Srinar dan Rojolele Srinuk, mulai dari sisi hulu produksi hingga hilir pemasaran.

Sebagai langkah awal, Sri Mulyani mengarahkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Klaten yang mencapai 11.000 orang, untuk membeli beras Rojolele Srinar dan Rojolele Srinuk pada 2020. Setiap bulan PNS diharapkan membeli 5 ton beras premium tersebut.

Kepala Bappeda Klaten Sunarna, mengatakan sektor pertanian akan menjadi alat utama bagi Pemkab untuk mengatasi masalah kemiskinan, menekan ketimpangan, dan mensejahterakan masyarakat.

Oleh karena itu, pengembangan padi Rojolele Srinar dan Rojolele Srinuk hanya boleh dilakukan di wilayah Klaten. Harga jual produk premium itu berkisar Rp18.000 per kilo gram (kg).

“Tujuannya agar hasil pertanian ini dapat dimanfaatkan betul untuk kesejahteraan masyarakat Klaten. Harapannya, selain memenuhi pasar dalam negeri, beras premium ini bisa untuk ekspor,” paparnya.  

Sekretaris Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti Prakoso, menambahkan pihaknya siap membantu visi Klaten sebagai lumbung pangan Jateng dan nasional.

Selain pengembangan varietas padi, ada sejumlah potensi kerja sama lanjutan untuk inovasi tanaman unggul lainnya seperti jagung, kedelai, dan beras ketan.

“Persoalan ketahanan pangan menjadi prioritas pemerintah. Kami siap bekerja sama lebih lanjut dengan Pemkab Klaten dan sejumlah pihak terkait seperti Kementan dan Batan,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper