Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Semarang Akan Dipasang 10.000 CCTV

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi berupaya untuk sesegera mungkin mengaplikasi sistem pengawasan ibu kota Jawa Tengah tersebut melalui pemasangan 10.000 CCTV.  
Alif Rizqi
Alif Rizqi - Bisnis.com 29 Oktober 2019  |  00:33 WIB
Simpang Lima Semarang. Ilustrasi. - Simpanglima.wordpress
Simpang Lima Semarang. Ilustrasi. - Simpanglima.wordpress

Bisnis.com, SEMARANG - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi berupaya untuk sesegera mungkin mengaplikasi sistem pengawasan ibu kota Jawa Tengah tersebut melalui pemasangan 10.000 CCTV.  

Dia menegaskan, percepatan realisasi pemasangan kamera pengawas yang akan terintegrasi dengan Situation Room milik Pemerintah Kota Semarang dan Polrestabes Semarang dirasa perlu untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat menjadi salah satu hal yang mendesak. 

“Sejumlah wilayah di Kota Semarang telah siap dipasangi CCTV pada awal November 2019,” ujarnya, Senin (28/10/2019).

Hendi sapaan akrabnya, meyakinkan jika survei wilayah yang akan dipasangi perangkat kamera pengawas nantinya diupayakan untuk dapat selesai pada bulan Oktober ini.

“Dari laporan masyarakat yang saya terima dari sistem Lapor Hendi, Call Center 112, hingga media sosial, sistem pengawasan kota secara visual ini mendesak segera direalisasikan. Sehingga pihak-pihak terkait dapat lebih mudah dalam mengantisipasi potensi - potensi tindakan kriminal yang mungkin terjadi.  Maka dalam minggu - minggu ini seharusnya survei lokasi dan pembahasan spesifikasi kamera pengawas sudah selesai, yang kemudian perangkatnya dapat segera dipasang,” tambahnya.

Selain memasang kamera pengawas di 10.000 titik yang ada di Kota Semarang, Hendi juga berupaya untuk dapat mengintegrasikan CCTV milik pribadi yang sudah ada di Kota Semarang. Sehingga  dapat diintegrasikan dengan Situation Room Pemkot Semarang dan Polrestabes Semarang. 

"Peningkatan pengawasan kota untuk dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat, tidak dapat dilakukan oleh pemerintah saja. Jadi targetnya tidak terbatas pada 10.000 CCTV yang akan dipasang, tapi titik pengawasannya bisa lebih dari itu,” katanya.

Sementara itu, Camat Semarang Selatan, Eko Yuniarto menyebutkan jika di wilayahnya pemasangan CCTV ditargetkan dapat dimulai pada awal November, sesuai yang diminta oleh Hendi selaku Wali Kota Semarang. Dia menerangkan wilayahnya sudah dilakukan survey untuk pemasangan fasilitas tersebut.

“Di Kecamatan Semarang Selatan sendiri pada minggu ini survei lokasi yang akan terpasang CCTV sudah selesai. Dan untuk CCTV nya yang akan dipasang sendiri kemarin sudah dicoba untuk diintegrasikan. Untuk Kecamatan Semarang Selatan awal bulan November sudah terpasang semua,”  katanya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cctv
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top