Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terintegrasi Tanggul Laut, Trase Tol Semarang-Kendal Masih Dibahas

Perencanan proyek Tol Semarang-Kendal masih dalam tahap penentuan trase oleh pemerintah kota/kabupaten terkait, dan juga Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.
Tol Semarang-Batang, Trans Jawa
Tol Semarang-Batang, Trans Jawa

Bisnis.com, SEMARANG—Perencaan proyek Tol Smarang—Kendal masih dalam tahap penentuan trase oleh pemerintah kota/kabupaten terkait, dan juga Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Jateng Peni Rahayu, menyampaikan saat ini para pemda yang terlibat dalam proyek Tol Semarang—Kendal sedang membahas penentuan trase.

Secara garis besar, konsepnya mirip seperti Tol Semarang—Demak, yang terintegrasi dengan tanggul laut.

Tantangan dalam penentuan trase salah satunya berasal dari sebagian wilayah darat yang sudah terendam air.

Oleh karena itu, Badan Pertanahan Nasional (BPN) akan memutuskan status lahan, dan penilaian ganti rugi ditentukan tim appraisal.

“Setelah penentuan trase Semarang—Kendal disetujui seluruh pihak, nanti baru dilelang oleh Kementerian PUPR. Tantangannya memang mirip Semarang—Demak, yang sebagian wilayah terendam air, walaupun akhirnya sudah clear,” tuturnya, Rabu (30/10/2019).

Pemerintah memiliki perencanaan 5 proyek tol lagi di Jateng ataupun melewati sebagian wilayah provinsi itu.

Kelima ruas tol itu adalah Gedebage—Tasikmalaya—Cilacap, Yogyakarta—Bawen
Solo—Yogyakarta—Yogyakarta International Airport (Kulon Progo), Demak—Tuban, dan Semarang—Kendal.

Adapun, Tol Solo—Yogyakarta—YIA sepanjang 91,91 km sudah melalui proses penentuan trase. Dengan demikian, proyek tersebut akan memasuki tahapan lelang.

Menurut Peni, sejumlah proyek tol itu masuk ke dalam 12 proyek strategis Jateng yang diajukan ke Presiden Joko Widodo.

Namun, Presiden kemudian menentukan 3 proyek super prioritas, yakni Kawasan Candi Borobudur, Kawasan Industri (KI) Kendal, dan KI Brebes.

“Meskipun super prioritas dipilih 3, tidak serta-merta menggugurkan 12 proyek strategis. Karena yang super prioritas juga butuh proyek-proyek penunjang, dan ini tetap berjalan untuk mendukung konektivitas serta persebaran ekonomi,” jelasnya.

Sebagai contoh, Tol Semarang—Kendal akan mendukung kawasan Kendal sebagai pusat industri, yang sebentar lagi naik kelas menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Selain itu, Pemprov Jateng sudah mengoperasikan rute Bus Rapid Transit (BRT) Semarang—Kendal pada 28 Oktober 2019.

Di KEK Kendal dan KI Brebes, Pemprov Jateng mengupayakan pengembangan pelabuhan baru. Proyek pelabuhan akan menggunakan skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), sehingga terbuka bagi pihak swasta yang ingin berinvestasi.

“Pada umumnya kami sangat terbuka dengan KPBU, proyek-proyek pengembangan apa saja yang bisa dikerjasamakan, silahkan swasta, BUMN, BUMD ikut serta,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler