Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kinerja ASN Seperti Ikan di Akuarium, Mudah Dilihat

Karena itu, ASN diharapkan tidak risih ataupun terbawa perasaan (baper) dalam menerima kritik, saran, dan masukan dari masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 19 November 2019  |  17:37 WIB
Ilustrasi. Sejumlah aparatur sipil negara (ASN) berswafoto. - ANTARA/Rahmad)
Ilustrasi. Sejumlah aparatur sipil negara (ASN) berswafoto. - ANTARA/Rahmad)

Bisnis.com, SEMARANG—Ibarat ikan yang hidup di akuarium, saat ini kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat dilihat dan dinilai langsung oleh publik.

Karena itu, ASN diharapkan tidak risih ataupun terbawa perasaan (baper) dalam menerima kritik, saran, dan masukan dari masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Imbauan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Salatiga Fakruroji saat memberikan pengarahan kepada 203 ASN dalam kegiatan Sosialisasi Penilaian Prestasi Kerja Pegawai.

“Sebagai aparatur sipil, ASN memang menjadi sorotan masyarakat, ibaratnya seperti ikan di aquarium yang bisa dilihat dan dinilai langsung oleh publik. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena memang kita bekerja untuk melayani masyarakat,” tuturnya, dikutip dari siaran resmi, Selasa (19/11/2019).

Fakruroji mengatakan bahwa kritik, sara,n dan masukan harus disikapi dengan bijak. Salah satunya yakni dengan meningkatkan kinerja secara profesional.

Untuk meningkatkan kinerja ASN, Pemerintah Kota Salatiga telah bekerjasama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dalam mengembangkan aplikasi e-kinerja. Aplikasi ini merupakan sebuah sistem yang terpadu yang digunakan untuk mengukur, menilai, mengawasi, serta mengelola kinerja para ASN.

“Diharapkan, ke depan seluruh ASN Pemerintah Kota Salatiga dapat menggunakan aplikasi ini sehingga kinerjanya dapat terukur dengan jelas,” imbuhnya.

Beberapa manfaat yang diharapkan dengan adanya aplikasi e-kinerja ini, di antaranya adalah pelayanan terhadap publik atau masyarakat akan semakin baik, meningkatnya kualitas kerja para ASN, pengawasan kinerja dan aktivitas ASN akan semakin mudah dan terstruktur.

“Selain itu diharapkan lebih mudah dalam melakukan penilaian kerja dan prestasi terhadap ASN yang nantinya akan digunakan untuk memberikan reward dan punishment kepada yang bersangkutan,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ASN
Editor : M. Taufikul Basari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top