Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pendaftar CPNS di DIY Turun, Formasinya terlalu Banyak

Jumlah pendaftar CPNS 2019 di Pemda DIY dipastikan menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY menilai penurunan itu disebabkan karena banyaknya formasi lowongan CPNS di 2019 ini.
Sunartono
Sunartono - Bisnis.com 26 November 2019  |  20:26 WIB
Ilustari pendafataran CPNS online. - menpan.go.id
Ilustari pendafataran CPNS online. - menpan.go.id

Bisnis.com, JOGJA - Jumlah pendaftar CPNS 2019 di Pemda DIY dipastikan menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY menilai penurunan itu disebabkan karena banyaknya formasi lowongan CPNS di 2019 ini.

Kepala BKD DIY Agus Supriyanto melalui Kabid Pengadaan Pegawai Poniran menjelaskan jumlah pendaftar CPNS Pemda DIY hingga Selasa (26/11/2019) sore tercatat sebanyak 9.990 dengan jumlah pendaftar yang sudah submit sebanyak 8.200 pendaftar.

Kemudian data sementara sekitar 1.900 pendaftar tidak memenuhi syarat. Ia mengakui ada formasi yang tidak ada pendaftar namun jumlahnya antara satu hingga dua formasi saja. Meski tak menjelaskan detail formasi namun menurutnya formasi kosong itu lebih pada tenaga teknis.

“Jadi ada satu atau dua formasi di tenaga teknis ini masih kosong, semoga dengan waktu tinggal beberapa jam ini ada yang mendaftar. Untuk server sampai saat ini lancar-lancar saja,” terangnya melalui sambungan telepon, Selasa (26/11/2019).

Ia mengatakan tidak adanya pendaftar di formasi tersebut kemungkinan karena berkaitan dengan ketugasan. Karena formasi tersebut berkaitan dengan pengadaan barang. Adapun paling banyak pendaftar yaitu formasi analis laboratorium karena kuotanya paling banyak untuk penempatan di sekolah. “Itu enggak diminati tampaknya,” ucapnya.

Ia memprediksi jumlah pendaftar hingga pendaftaran ditutup sekitar 10.000 lebih. Jumlah itu diakuinya menurun dibandingkan seleksi CPNS 2018 silam yang mencapai lebih dari 20.000. Tetapi ia menegaskan penyebab jumlah pendaftar menurun bukan karena ketatnya persyaratan.

“Mungkin kalau dulu [2018] itu kan beberapa tahun tidak dibuka jadi kemudian banyak pendaftar, kalau saat ini banyak yang buka sehingga pelamar banyak punya alternatif mendaftar di tempat lain,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cpns

Sumber : Harian Jogja

Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top