Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendaftar CPNS di DIY Turun, Formasinya terlalu Banyak

Jumlah pendaftar CPNS 2019 di Pemda DIY dipastikan menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY menilai penurunan itu disebabkan karena banyaknya formasi lowongan CPNS di 2019 ini.
Ilustari pendafataran CPNS online./menpan.go.id
Ilustari pendafataran CPNS online./menpan.go.id

Bisnis.com, JOGJA - Jumlah pendaftar CPNS 2019 di Pemda DIY dipastikan menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY menilai penurunan itu disebabkan karena banyaknya formasi lowongan CPNS di 2019 ini.

Kepala BKD DIY Agus Supriyanto melalui Kabid Pengadaan Pegawai Poniran menjelaskan jumlah pendaftar CPNS Pemda DIY hingga Selasa (26/11/2019) sore tercatat sebanyak 9.990 dengan jumlah pendaftar yang sudah submit sebanyak 8.200 pendaftar.

Kemudian data sementara sekitar 1.900 pendaftar tidak memenuhi syarat. Ia mengakui ada formasi yang tidak ada pendaftar namun jumlahnya antara satu hingga dua formasi saja. Meski tak menjelaskan detail formasi namun menurutnya formasi kosong itu lebih pada tenaga teknis.

“Jadi ada satu atau dua formasi di tenaga teknis ini masih kosong, semoga dengan waktu tinggal beberapa jam ini ada yang mendaftar. Untuk server sampai saat ini lancar-lancar saja,” terangnya melalui sambungan telepon, Selasa (26/11/2019).

Ia mengatakan tidak adanya pendaftar di formasi tersebut kemungkinan karena berkaitan dengan ketugasan. Karena formasi tersebut berkaitan dengan pengadaan barang. Adapun paling banyak pendaftar yaitu formasi analis laboratorium karena kuotanya paling banyak untuk penempatan di sekolah. “Itu enggak diminati tampaknya,” ucapnya.

Ia memprediksi jumlah pendaftar hingga pendaftaran ditutup sekitar 10.000 lebih. Jumlah itu diakuinya menurun dibandingkan seleksi CPNS 2018 silam yang mencapai lebih dari 20.000. Tetapi ia menegaskan penyebab jumlah pendaftar menurun bukan karena ketatnya persyaratan.

“Mungkin kalau dulu [2018] itu kan beberapa tahun tidak dibuka jadi kemudian banyak pendaftar, kalau saat ini banyak yang buka sehingga pelamar banyak punya alternatif mendaftar di tempat lain,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sunartono
Editor : Sutarno
Sumber : Harian Jogja

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper