Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Banjir Jakarta: PMI DIY Kirim 100 Rompi untuk Bantu Relawan

Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) mengirim 100 rompi ke PMI DKI Jakarta pada Jumat (3/1/2020) untuk mendukung personel PMI yang saat ini sedang merespons bencana banjir di wilayah Jakarta.
Bernadheta Dian Saraswati
Bernadheta Dian Saraswati - Bisnis.com 04 Januari 2020  |  12:15 WIB
Ilustrasi Palang Merah Indonesia - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah
Ilustrasi Palang Merah Indonesia - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah

Bianis.com, JOGJA - Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) mengirim 100 rompi ke PMI DKI Jakarta pada Jumat (3/1/2020) untuk mendukung personel PMI yang saat ini sedang merespons bencana banjir di wilayah Jakarta.

“Kami mengirim bantuan rompi untuk relawan-relawan PMI di DKI Jakarta yang saat ini sedang merespons bencana banjir. Kami berharap rompi ini mendukung mereka dalam membantu masyarakat. Relawan juga perlu diperhatikan perlindungan dan keselamatannya agar bisa membantu masyarakat”, ungkap Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat.

Gusti Prabukusumo juga menambahkan bahwa masyarakat, pihak swasta atau donatur yang akan membantu penyintas bencana banjir di Jakarta dan sekitarnya bisa menghubungi Posko PMI DIY, melalui telepon 0274 5012949 atau melalui rekening Bank Mandiri Kc. Yogyakarta Sudirman an. Penanggulangan Bencana PMI Provinsi DIY, No. Rek 137.00074.4959.4.

Sedangkan untuk menghadapi potensi cuaca ekstrem sepekan tanggal 1-7 Januari 2020 sebagaimana siaran pers BMKG, PMI DIY mengambil beberapa kebijakan di antaranya dengan mengaktifkan Posko PMI se-DIY, menyiapkan sarana prasarana penunjang untuk melakukan respons tanggap darurat terkait musim penghujan yang berpotensi cuaca ekstrem.

“Kami menyiagakan personel terlatih untuk kesiapsiagaan serta melakukan respons awal jika terjadi bencana. Hal ini tentu dibarengi dengan koordinasi baik internal PMI maupun instansi, lembaga terkait serta pihak eksternal lainnya untuk kecepatan respons tanggap darurat”, jelas Arif Rianto Budi Nugroho selaku Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI DIY.

Sementara data PMI Pusat dalam respons tanggap darurat bencana banjir di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Banten (Jabodetabek) per tanggal 2 Januari 2020, PMI telah menerjunkan 409 personel, 10 tenaga kesehatan serta mendistribusikan berbagai bantuan, di antaranya adalah 400 hygiene kit, 200 terpal, 400 sarung, 11 perahu karet, empat alat dapur umum, dua truk engkel, 13 ambulans, 2 kendaraan double cabin serta empat kendaraan operasional.

Untuk membangun semangat persaudaraan serta kepedulian terhadap kemanusiaan, PMI membutuhkan jejaring yang luas, di antaranya dengan mengajak insan pers baik media cetak maupun elektronik untuk berperan serta mendiseminasikan dan mewartakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang dilakukan PMI.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Banjir Jakarta

Sumber : harianjogja.com

Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top