Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Solo-Yogyakarta, Ruas Tamanmartani-Bokoharjo Dilengkapi Terowongan

Pembangunan jalan tol Jogja-Solo dari Tamanmartani (Kalasan) hingga Bokoharjo (Prambanan) dibangun di tanah (at grade).
Ilustrasi./Antara-Zabur Karuru
Ilustrasi./Antara-Zabur Karuru

Bisnis.com, SLEMAN — Pembangunan jalan tol Jogja-Solo dari Tamanmartani (Kalasan) hingga Bokoharjo (Prambanan) dibangun di tanah (at grade). Sebagai akses jalan penghubung antardusun akan dibangun sejenis terowongan (box culvert) di sejumlah titik.

Staff Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Jogja-Solo Galih Alfandi menjelaskan jalan tol mulai dari Tamanmartani Kalasan hingga Bokoharjo Prambanan dibangun di atas tanah (at grade).

"Yang elevated hanya dari simpang susun ke ring road. Dibangun di atas selokan Mataram dan di atas Ring Road," katanya saat sosialisasi jalan tol di Balai Desa Purwomartani, Kalasan, Senin (13/1).

Secara teknis, dia menjelaskan, jalan bebas hambatan dari Tamanmartani melalui Selomartani, Purwomartani hingga Tirtomartani Kalasan, dibangun at grade. Pada titik-titik tertentu akan dibangun box culvert (sejenis terowongan) di bawah jalan tol yang berfungsi sebagai jalan lintas bagi antar warga.

Jalan tol (at grade) kemudian naik menuju simpang susun di daerah Purwomartani. Satu simpang menuju Selokan Mataram, simpang lainnya menyambung ke Tirtomartani (Barat RS Pantirini). Di lokasi ini dibangun exit tol sebagai akses jalan nasional (Jogja-Solo).

"Di atas jalan Nasional akan dibangun jembatan tol yang menghubungkan Tirtomartani-Bokoharjo. Jalan tol kembali dibangun (at grade) hingga exit tol di persimpangan tiga Bokohajo. Nanti juga ada beberapa box culvert di Bokoharjo," paparnya.

Pada simpang susun (junction) di Purwomartani, lanjutnya pembangunan tol di atas selokan Mataram dibuat elevated. Tol dibangun di atas selokan Mataram, menuju sebelah Utara Lottemart. Sebelum menuju Ring Road di bangun on-off untuk akses jalan sekitar. Di atas Ring Road, tol dibangun elevated ke arah Barat, dilengkapi on off UPN Veteran.

"Jalan tol dibangun di atas underpass Kentungan menuju simpang empat Monjali. Sebelum simpang empat monjali, jalan tol dari elevated mulai at grade," paparnya.

Disinggung soal redesign di persimpangan Monjali, dia mengaku sampai saat ini belum menerima desain terbaru dari Pusat. "Pembahasan jalan tol perubahan desain untuk persimpangan Monjali masih belum selesai dibahas. Kami belum mendapatkan desain terbarunya. Kemungkinan nanti saat sosialisasi di Sariharjo, Ngaglik," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Harian Jogja
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper